Dorong Sekolah Miliki Produk Digital, Aptika Adakan Pelatihan Guru TIK

Pelatihan Guru TIK Membangun Aplikasi Mobile Vue.js di Kota Cimahi, Jumat (19/03/2021).

Bandung, Ditjen Aptika – Guna mendukung digitalisasi pendidikan, Ditjen Aptika dan Sekolahan.id mengadakan acara pelatihan untuk guru TIK SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di Kota Cimahi, Jawa Barat.

“Diharapkan setelah pelatihan ini selesai, sekolah bisa memiliki produk digitalnya sendiri dan dapat digunakan dengan baik untuk pendidikan,” ucap Hendri Cahya Irawan, CEO Sekolahan.id di Gedung Baros Information Technology Creative, Bandung, Jumat (19/03/2021).

Ia pun mendemonstrasikan secara langsung bagaimana membangun aplikasi menggunakan Mobile Vue.js. Vue.js sendiri merupakan framework JavaScript yang bersifat progresif, dengan source code terbuka untuk pembuatan user interface.

Saat ini Sekolahan.id juga sedang membangun platform yang nanti dapat mempermudah para siswa SMK dalam mendapatkan pekerjaan dengan menggunakan LMS.

“Platform ini akan berisi data siswa serta kemampuan mereka dan nantinya dapat diakses oleh perusahaan yang sedang mencari pekerja. Kemudian pihak perusahaan dapat langsung menghubungi sekolah jika ingin merekrut salah satu siswa,” urai Hendri lebih lanjut.

Dalam pelatihan itu, dipaparkan pula manfaat dari Learning Management System (LMS) yang dapat berdampak pada kelancaran sistem belajar mengajar di sekolah. Contohnya mengetahui kompetensi anak, dasar pembuatan kebijakan pemerintah dan penyusunan kegiatan, serta untuk mengetahui dan menilai kinerja guru PNS.

Hendri berharap pelatihan dapat memberikan dampak positif untuk menciptakan SDM kreatif yang berkualitas. “Serta memberikan wawasan baru kepada guru mengenai cara membuat produk digital bagi sekolah,” pungkasnya.

Lihat juga: Siapkan Masyarakat Menuju Bangsa Digital, Aptika Susun Modul Literasi Digital

Adopsi teknologi dan aplikasi digital di sektor pendidikan sendiri menjadi salah satu program transformasi digital dari Kementerian Kominfo. Sebagai pelaksana program adalah Direktorat Ekonomi Digital, Ditjen Aptika.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh 9 guru SMK yang berasal dari SMK PGRI 1 Cimahi, SMKN 2 Cimahi, SMK Sangkuriang 1 Cimahi, MA Multiteknik Asih Putera, SMK PGRI 3 Cimahi, SMK TI Garuda Nusantara, SMK Wiraswasta Cimahi, SMKN 4 Padalarang, dan SMKN 11 Bandung. (shm)

Print Friendly, PDF & Email