Karakter Pemenang IdenTIK untuk Maju ke AICTA

Peserta dan Narasumber Seminar IdenTIK Kategori CSR dan Public Sector melalui aplikasi Zoom, Selasa (30/06/20).

Jakarta, Ditjen Aptika – Salah satu tujuan seleksi Indonesia Enterpreneur TIK (IdenTIK) adalah maju ke Asean ICT Award (AICTA). Pemenang akan dipilih sesuai dengan kriteria penghargaan TIK di tingkat Asean tersebut.

“Ada beberapa karakter yang biasanya dimiliki pemenang IdenTIK untuk dapat maju ke AICTA,” ucap Ketua Tifa Foundation, Sitha Laksmi pada seminar IdenTIK: Kategori CSR dan Public Sector melalui aplikasi Zoom, Selasa (30/06/20).

“Karakter tersebut diantaranya memberikan dampak pada pelayanan pemerintahan, dapat diaplikasikan pada waktu yang lama, dan dapat direplikasi pada wilayah lain baik Indonesia maupun Asia Tenggara,” lanjut Sitha.

Penjelasan karakter pemenang IdenTIK untuk maju ke AICTA.

Sitha memberikan tips yang dapat diaplikasikan peserta IdenTIK untuk dapat maju ke AICTA. “Peserta dapat memberikan solusi yang relevan bagi beberapa negara dengan persoalan yang sama seperti Indonesia atas produk TIK yang dibuat, misalnya Filipina dan Thailand,” tuturnya.

Beberapa tips dan trik dari Sitha Laksmi untuk peserta IdenTIK.

Lihat Juga: Peserta Agar Cermat Pilih Kategori Produk di IdenTIK 2020

Menurut Sitha akan lebih baik apabila produk TIK dari peserta telah digunakan masyarakat, memiliki dampak, dan memperoleh pengakuan atas manfaat produk tersebut untuk dapat maju ke AICTA.

“Kita butuh produk TIK yang memiliki dampak besar sehingga Indonesia mendapat pengakuan negara lain secara lebih luas,” ucap Sitha.

Sementara itu Sub Koordinator Penerapan Pemberdayaan Kapasitas TIK Ditjen Aptika, Hari Purwadi  mengatakan produk TIK yang lulus kurasi dapat menjadi repositori bangsa Indonesia untuk memperkaya produk TIK nasional.

Hari mengatakan produk TIK pada IdenTIK ini bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan kementerian, lembaga, atau instansi pusat dan daerah.

“Kami bisa menghubungkan pihak yang memerlukan produk TIK tersebut kepada pengembang atau pemilik produk TIK agar dapat digunakan,” jelas Hari.

Lihat Juga: Lewat Roadshow Daring, Tercatat 69 Peserta IdenTIK 2020

Pendaftaran IdenTIK atau Seleksi Nasional Produk TIK masih dibuka hingga 6 Oktober 2020. Saat ini telah ada 69 peserta yang mengikuti IdenTIK 2020. Kesempatan masih terbuka untuk mendaftar IdenTIK 2020 melalui situs identik.id. Pemenang IdenTIK akan diumumkan pada 3 November 2020 mendatang. (pag)