Lewat Roadshow Daring, Tercatat 69 Peserta IdenTIK 2020

Seminar Berkompetisi dan Bertumbuh di Masa Pandemi melalui aplikasi Zoom (23/06/20).

Jakarta, Ditjen Aptika – Seleksi Nasional Produk TIK atau Indonesia Enterpreneur TIK 2020 tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19. Roadshow yang semula diadakan di beberapa kota secara luar jaringan (offline) beralih menjadi dalam jaringan (online).

“Melalui roadshow daring, tercatat 69 peserta yang sudah mendaftar IdenTIK tahun ini,” ucap Kasubdit Pemberdayaan Kapasitas TIK Ditjen Aptika Kemkominfo, Aris Kurniawan pada webinar dan workshop IdenTIK: Berkompetisi dan Bertumbuh di Masa Pandemi melalui aplikasi Zoom, Selasa (23/06/20).

Lanjut Aris, di kategori Private Sector sudah ada 15 peserta, kategori Digital Content ada 10, dan Research and Development (RND) ada 7. Selanjutnya Public Sector ada 8, Corporate Social Responsibility (CSR) ada 4, dan terbanyak ada pada Startup Company sebanyak 25.

“Peluang masih besar pada beberapa sektor bagi masyarakat Indonesia yang ingin mengikuti Seleksi Nasional Produk TIK atau IdenTIK tahun ini,” ungkap Aris.

Lihat Juga: Pendaftaran IdenTIK 2020 Telah Dibuka

Aris berharap kualitas peserta tahun ini bisa lebih baik untuk bersaing, membuka pasar, dan berjejaring pada jenjang yang lebih tinggi seperti AICTA atau APICTA. IdenTIK tahun ini memiliki keuntungan lebih karena bekerjasama dengan WTOIP Global, IPIEC, dan Connex by Marquee. “Harapannya dapat membuka jejaring peserta lebih luas lagi,” katanya.

Selain itu, temu alumni akan menjadi agenda selanjutnya untuk peserta di tahun ini. “Kami harap akhir tahun ini bisa melakukan temu alumni IdenTIK, INAICTA, dan AICTA secara langsung agar dapat bertukar informasi lebih baik,” tambah Aris.

Lihat Juga: Peserta Agar Cermat Pilih Kategori Produk di IdenTIK 2020

Sebelum adanya pandemi, roadshow IdenTIK 2020 sempat diadakan pada empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Bali, dan Yogyakarta. Roadshow di Surabaya, Medan, Samarinda, Makassar, dan Padang diadakan secara daring.

Peserta dan Narasumber webinar Berkompetisi dan Bertumbuh di Masa Pandemi (23/06/20).

Pendaftaran IdenTIK 2020 akan ditutup pada 6 Oktober dan dilanjutkan kurasi internal pada 16 Oktober. Sedangkan penjurian final akan dilakukan tanggal 26-27 Oktober, diakhiri dengan pengumuman pemenang IdenTIK 2020 pada 3 November 2020. (pag)