Tingkatkan Kemampuan Bisnis UMKM Yogyakarta, Kominfo Lakukan Kurasi Inkubasi Bisnis

Proses kurasi program Inkubasi Bisnis UMKM Kota Yogyakarta (23/6/2023).

Yogyakarta, Ditjen Aptika – Ditjen Aplikasi Informatika Kemkominfo melakukan kurasi program inkubasi bisnis UMKM di Kota Yogyakarta. Hal tersebut guna meningkatkan kemampuan bisnis UMKM yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Yogyakarta merupakan kota terakhir atau kota ke-5 yang dilakukan kurasi program inkubasi bisnis UMKM, setelah sebelumnya dilakukan di Kota Jakarta, Bandung, Malang, dan Surakarta. Dari tiga puluh UMKM yang lolos tahap administrasi akan disaring menjadi 20 UMKM terbaik yang akan mengikuti program.

“Program Inkubasi Bisnis UMKM ini merupakan program intensif selama enam bulan dari Kementerian Kominfo kepada para UMKM terpilih di Kota Yogyakarta ini. Oleh karenanya manfaatkan benar proses kurasi ini agar bapak/ibu bisa semakin meningkatkan kemampuan bisnis untuk memajukan UMKM Yogyakarta,” ucap Master Coach of Business & Executive Program UMKM Inkubasi Bisnis, Margetty Herwin saat proses Kurasi Inkubasi Bisnis UMKM di Kota Yogyakarta, Jumat (23/06/2023).

Master Coach of Business & Executive Program UMKM Inkubasi Bisnis, Margetty Herwin (23/6).

Pria yang akrab disapa Coach Getty tersebut mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya program Inkubasi Bisnis UMKM tersebut diantaranya untuk membentuk identitas, value, skills, dan karakter untuk menjadi entrepreneur handal dan kompeten. Selain itu program tersebut dilakukan untuk menyiapkan para pebisnis untuk dapat membuat pola bangun bisnisnya secara terarah dan terkontrol.

“Banyak para pebisnis yang gagal dalam usahanya karena tidak memiliki pola bisnis yang terarah dan terkontrol, oleh karenanya disini para coach akan membimbing strategi yang tepat guna dari masing-masing UMKM,” tutur Coach Getty.

Selanjutnya tujuan lain program Inkubasi Bisnis UMKM juga untuk meningkatkan trafik interaksi prospek dan pelanggan meningkat dengan strategi serta metode digitalisasi bisnis yang terstruktur dan tersistem. Terakhir, program tersebut juga memfasilitasi para pebisnis dengan kelengkapan tools dan metodologi bisnis dari penentuan big goals sampai dengan penentuan strategi yang terukur dan konsisten.

Diharapkan ketika tujuan-tujuan tersebut tercapai, para pemilik UMKM khususnya di Kota Yogyakarta mendapatan manfaat-manfaat untuk meningkatkan kemampuan bisnis dalam mengelola UMKM. Adapun manfaat-manfaat yang diharapkan dari program Inkubasi Bisnis UMKM diantaranya:

  1. Peningkatan Jumlah UMKM Digital
  2. Penyerapan Tenaga Kerja
  3. Peningkatan Kontribusi PDB UMKM
  4. Terbentuknya Ekosistem Bisnis Digital bagi UMKM
  5. Potensi Ekspor Bisnis UMKM
  6. Bagian Solusi Program Pemerintah dalam Pengembangan UMKM

“Oleh sebab itu bapak/ibu yang hadir disini kami mengharapkan jika sudah lolos kurasi benar-benar serius, fokus, dan menyediakan waktunya untuk mengikuti secara intensif,” ucap Coach Getty.

Program Inkubasi Bisnis UMKM akan dimulai pada bulan juli sampai dengan oktober 2023 dengan beberapa kegiatan yang akan diikuti seperti 10 webinar series, 12 sesi group coaching, 1 group coaching on location di 5 kota, google classroom berisi materi pembelajaran, hingga pemberian stimulus digital.

“Lalu pada bulan desember akan diadakan inagurasi dan pemberian award bagi 10 UMKM terbaik,” pungkas Coach Getty.

Lihat juga: Akselerasi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi, Kominfo Luncurkan Program Bagi UMKM

Perwakilan Kominfo Ketua Tim Umum dan SDM Sumarno saat membuka kurasi program Inkubasi Bisnis UMKM Yogyakarta (23/6).

Senada dengan Coach Getty, perwakilan Kementerian Kominfo, Ketua Tim Pengelolaan Umum dan Manajemen SDM Direktorat Ekonomi Digital, Sumarno, turut mengajak para UMKM di Kota Yogyakarta untuk belajar secara sungguh-sungguh dalam mengikuti program Inkubasi Bisnis UMKM tersebut.

“Karena yang menentukan kesuksesan usaha bapak/ibu bukanlah para coach, tapi bapak/ibu sendiri. Saya yakin UMKM di Kota Yogyakarta istimewa, semangat dan sukses selalu,” tutupnya.

Galeri Foto Kurasi Inkubasi Bisnis UMKM Kota Yogyakarta

Sesi-diskusi-sebelum-kurasi-dimulai-bersama-coach-1
Sesi diskusi sebelum kurasi dimulai bersama coach
« of 14 »
Print Friendly, PDF & Email