Tertinggi Terapkan SPBE, Kominfo Berkomitmen Tingkatkan Layanan Publik

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, usai menghadiri pertemuan World Economic Forum (WEF) Global Coalition on Digital Safety Inaugural Meeting 2021 yang berlangsung virtual dari Jakarta, Kamis (16/09/2021) malam. - (Foto: AYH)

Jakarta, Ditjen Aptika – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendapatkan penilaian dengan indeks tertinggi dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2021. Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyatakan bahwa capaian tersebut sebagai bentuk apresiasi atas upaya kementerian kominfo dalam melaksanakan akselerasi transformasi digital, khususnya di sektor pemerintahan digital.

Adapun target akhirnya meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. “Ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo agar Pemerintah menghadirkan pelayanan publik yang transparan, cepat dan efektif. Salah satunya dengan penerapan SPBE atau e-government agar pelayanan kepada masyarakat dapat berlangsung lebih baik,” kata Menteri Kominfo, Johnny G. Plate, dalam siaran persnya, seperti dikutip dari, Akurat.co, Kamis (30/12/2021).

Capaian tersebut, menurut Jhonny menjadi tambahan penyemangat bagi Kominfo untuk mempercepat transformasi digital khususnya pada bidang pemerintahan digital. Ia juga mengatakan bahwa dalam peta jalan Indonesia Digital 2021-2024, terdapat empat sektor strategis akselerasi tranformasi digitakl sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, keputusan Menteri PAN dan RB No 1503 Tahun 2021 tentang Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2021 menunjukkan hasil evaluasi SPBE Kominfo menunjukkan indeks 3,82. Evaluasi tersebut menggunakan skala 1-4, indeks perolehan Kominfo menunjukkan kategori sangat baik. Selain Kominfo, Kementerian Keuangan dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia juga mendapat predikat SPBE sangat baik, dengan nilai indeks masing-masing 3,72 dan 3,68.

Menkominfo Terima Penghargaan TOP Leader on Digital Implementation 2021

Sementara itu isu mengenai penghargaan Top Leader on Digital Implementation 2021 turut mewarnai pemberitaan. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate berhasil meraih penghargaan TOP Digital Awards 2021 untuk kategori TOP Leader on Digital Implementation 2021, penghargaan itu diberikan atas pelaksanaan kebijakan akselerasi transformasi digital di Indonesia.

Direktur Jenderal Aplikasi Informasi Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik penghargaan tersebut.
Menurutnya, kegiatan TOP DIGITAL Awards yang diselenggarakan majalah It Works selaras dengan arah kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), yaitu percepatan transformasi digital.

“Oleh karenanya, Kemenkominfo sangat mendukung kegiatan ini. Pemerintah terus berupaya mendorong peningkatan implementasi dan penggunaan teknologi digital , baik di instansi pemerintah, badan usaha maupun lembaga lainnya,” ujarnya, dikutip dari keterangan pers resminya seperti dilansir dari Kompas.com, Kamis (30/12/2021).

Ketua Dewan Juri Kalamullah Ramli menjelaskan, kategori pemenang Implementasi TOP DIGITAL dikelompokkan menjadi star level 1-5, sesuai dengan bidang usaha dan klasifikasi institusi. Kriterianya adalah, pertama, apakah tata kelola TI (kebijakan, organisasi, implementasi sistem, dan prosedur) sudah baik dan telah diterapkan secara konsisten, dengan perbaikan terus-menerus.

Selain itu, Kepala Pusat Data dan Sarana Informatika juga menerima penghargaan sebagai TOP CIO on Digital Implementation 2021. Sebagai informasi, tahun sebelumnya Kemenkominfo meraih tiga penghargaan dalam ajang TOP DIGITAL Awards 2020. Ketiga penghargaan tersebut, di antaranya TOP DIGITAL Implementation 2020 on Ministry level stars 4, TOP DIGITAL Transformation Readiness 2020, dan TOP Leader on Digital Implementation 2020. (lry)

Print Friendly, PDF & Email