Ciptakan Kemudahan Layanan dan Keamanan Data Lewat Aplikasi PSE Publik dan Mail Pemerintahan

Ketua Tim Inovasi Pengembangan dan Harmonisasi Layanan Aplikasi SPBE, Chairina, pada Sosialisasi Aplikasi PSE Lingkup Publik dan Aplikasi Mail Pemerintahan di Makassar , Selasa (26/09/2023).

Makassar, Ditjen Aptika – Kementerian Kominfo (Kemkominfo) terus memaksimalkan penggunaan aplikasi Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Publik dan Mail Pemerintahan untuk mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di seluruh instansi pemerintahan, salah satunya di Makassar. Hal itu guna menciptakan kemudahan layanan administrasi dan keamanan data di daerah tersebut. 

“Adanya aplikasi PSE Lingkup Publik dan Mail Pemerintahan ini harapannya bisa mewujudkan transformasi digital di ranah birokrasi yang merata dengan mengedepankan aspek keamanan siber di seluruh Indonesia,” ujar Ketua Tim Inovasi Pengembangan dan Harmonisasi Layanan Aplikasi SPBE, Chairina pada kegiatan Sosialisasi Aplikasi PSE Lingkup Publik dan Aplikasi Mail Pemerintahan di Makassar, Selasa (26/09/2023).

Chairina mengatakan bahwa aplikasi PSE Lingkup Publik dapat memberikan manfaat bagi pemerintah daerah, diantaranya dapat mempermudah inventarisasi aplikasi dan meningkatkan keamanan serta manajemen SDM.

Sedangkan aplikasi Mail Pemerintahan, lanjutnya, dapat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah yang belum memiliki domain go.id untuk layanan yang mereka miliki sehingga bisa menekan biaya tambahan. 

Sehingga tidak harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menjaga keamanan data dan memudahkan pelayanan ASN instansi mereka,” terang Chairina. 

Suasana Peserta Sosialisasi (26/09/2023).

Sementara itu, perwakilan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Arief Putu mengatakan bahwa pemerintah daerah perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan siber dalam penyelenggaraan PSE.

Menurutnya, banyak instansi yang masih kurang baik dalam mengelola aplikasi yang mereka miliki. Sehingga hal itu menjadi celah bagi hacker untuk meretas aplikasi pemerintah.

Polanya instansi sering tidak mengetahui bahwa aplikasi tersebut masih aktif. Saking banyaknya aplikasi, hacker mengambil celah dari aplikasi tersebut. Sehingga memang kita perlu meningkatkan kesadaran terkait pengelolaan aplikasi ini,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu peserta sosialisasi dari Diskominfo Kabupaten Laut Timur, Akbar, mengaku bahwa adanya aplikasi PSE Lingkup Publik dan Mail Pemerintah sangat membantu instansinya.

“Sejauh ini pekerjaan kami sangat dimudahkan dengan adanya PSE. Harapannya kami bisa memaksimalkan layanan PSE terutama di bidang keamanan data dan kemudahan layanan administrasi bagi masyarakat,” ungkap Akbar.

Ia juga menyebut, sosialisasi tentang aplikasi PSE Lingkup Publik dan Mail Pemerintah perlu untuk digencarkan guna mendukung implementasi SPBE. 

“Sosialisasi seperti ini saat ini perlu dilakukan untuk mendukung implementasi SPBE, apalagi pemerintah pusat telah melakukan pendataan sistem agar tidak terdapat duplikasi yang terbangun di seluruh daerah,” katanya.

Sosialisasi Aplikasi PSE Lingkup Publik dan Aplikasi Mail Pemerintahan itu diikuti oleh jajaran Pemerintah Kabupaten/Kota dari tiga provinsi, yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong SDM di tingkat kabupaten/kota untuk dapat memanfaatkan PSE Lingkup Publik dan Mail Pemerintahan dengan baik, sehingga akan mempercepat proses menuju transformasi digital di sektor pemerintahan pusat dan daerah. (ran)

Print Friendly, PDF & Email