Sektor Kominfo Beri Kontribusi 4,25 Persen untuk PDB Indonesia

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate memberikan sambutan dalam acara Dialog Mastel Menuju 2021 (10/12/2020).

Jakarta, Ditjen Aptika – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, sektor komunikasi dan informatika berhasil mencatat kontribusi sebesar 4,25 persen terhadap PDB Indonesia. Sektor ini dapat membantu memulihkan perekonomian Indonesia yang berdampak pandemi Covid-19.

“Sektor komunikasi dan informatika dapat menjadi sektor enabler untuk menghasilkan efek ungkit pertumbuhan sektor-sektor lainnya,” ucap Menteri Kominfo, Johnny G. Plate dalam acara Dialog Mastel Menuju 2021 yang diadakan secara daring, Kamis (10/12/2020).

Survei APJII pada tahun ini juga mencatat, pengguna internet Indonesia telah bertumbuh menjadi 196,7 juta jiwa, dengan tingkat penetrasi terhadap penduduk 73,7 persen. “Meningkat 8,9 persen dari dua survei sebelumnya,” urai Johnny.

“Pengguna internet yang besar ini dapat menjadi pasar yang baik untuk mendorong pertumbuhan e-commerce dan ekonomi digital secara lebih luas,” jelasnya.

Lihat juga: Empat Potensi Indonesia dalam Ekonomi Digital

Bank Indonesia menyebutkan sepanjang tahun 2020 terdapat nilai transaksi e-commerce sebesar 147 juta, dengan proyeksi nilai transaksi sekitar 429 triliun.

“Peran Kementerian Kominfo dalam mendukung sektor ini salah satunya dengan mengupayakan penyediaan talenta digital agar dapat menjadi salah satu penopang kemajuan Indonesia,” kata Menteri Johnny.

Kemkominfo juga telah menyiapkan kebijakan strategis transformasi digital yang dipercepat dengan empat pilar utama termasuk penyediaan talenta digital tersebut.

“Pembangunan infrastruktur, pengembangan teknologi, pengembangan talenta digital, dan percepatan legislasi serta penguatan hubungan internasional secara khusus dalam hal ini data cross border,” ujarnya.

“Hal-hal ini harus dilakukan dan tidak bisa menunggu agar digital divide tidak semakin besar,” lanjut Johnny.

Lihat juga: Transformasi Digital Jadikan Indonesia Bangsa yang Tangguh

Sementara itu, Dirjen Pengendalian Pos dan Informatika Kemkominfo, Ahmad M. Ramli menyatakan saat ini bidang telekomunikasi sebagai infrastruktur digital juga memiliki peran yang semakin meningkat.

Dirjen PPI, Ahmad M. Ramli dalam Dialog Mastel Menuju 2021 (10/12).

Berdasarkan e-Conomy SEA 2019, sektor telekomunikasi menjadi tulang punggung bagi terlaksananya ekonomi digital Indonesia. Namun koneksi internet Indonesia yang masih harus ditingkatkan. “Kapasitas internet dan besarnya jumlah pengguna internet juga mempengaruhi kecepatan internet di Indonesia,” ujarnya. (pag)

Print Friendly, PDF & Email