Maluku Tengah Tingkatkan Kualitas Layanan Melalui e-Government

Masohi, Ditjen Aptika – Dinas Kominfo Maluku Tengah memanfaatkan e-Government untuk meningkatkan kualitas layanan pada masyarakat. Peningkatan kapasitas SDM khususnya aparatur Dinas Kominfo menjadi kunci.

“E-Government sebagai suatu mekanisme baru dalam interaksi antara pemerintah dan masyarakat, dalam pemanfaatan teknologi informasi terutama internet, harus dapat memperbaiki layanan kepada masyarakat,” ujar Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu L. Leleury, saat acara sosialisasi bertema Strategi Pengembangan Elektronik Government dalam Mewujudkan Peran dan Fungsi Diskominfo Kabupaten Maluku Tengah, di Auditorium Lelemuku Hotel, Maluku Tengah (6/7/2019).

Melalui pemanfaatan TIK secara efektif di kalangan aparatur pemerintahan, Marlatu berharap selain kualitas layanan masyarakat makin meningkat, juga terwujud tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Sementara Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP), Bambang Dwi Anggono atau yang akrab dipanggil Ibenk menyampaikan, pemerintah pusat sangat mendukung semangat besar pemerintah daerah dalam mengembangkan smart city dan e-Government di daerah.

“Dalam mewujudkan pemerintahan lebih baik, lebih transparan, dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelaksanaan e-Government dapat dilakukan melalui inovasi-inovasi yang memanfaatkan TIK. Upaya tersebut ditujukan pada masyarakat, dunia usaha serta lingkungan pemerintah,” ujar Ibenk.

Dalam kegiatan sosialisasi tesebut juga disampaikan tentang Rancangan Peraturan Menkominfo tentang Urusan Konkuren Pemerintah Bidang Kominfo. Turut hadir perwakilan dari Badan Sandi dan Siber Nasional (BSSN) yang memberikan materi tentang keamanan informasi. (nvz)