Pengadaan Jasa Tenaga Pendukung Teknis Sistem Pemblokiran Konten Negatif Direktorat Pengendalian Aptika TA 2023

PENGUMUMAN

Nomor: 07/KOMINFO/DJAI.6-PPK/KU.01.02/01/2023 TENTANG

PENGADAAN JASA TENAGA PENDUKUNG TEKNIS

SISTEM PEMBLOKIRAN KONTEN NEGATIF DIREKTORAT PENGENDALIAN APLIKASI INFORMATIKA DIREKTORAT JENDERAL APLIKASI INFORMATIKA KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA RI TAHUN ANGGARAN 2023 

Dalam rangka melaksanakan kegiatan program prioritas Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Tahun 2023, kami memberikan kesempatan bagi putra dan putri terbaik bangsa untuk bergabung sebagai Tenaga Pendukung Teknis Sistem Pemblokiran Konten Negatif pada jabatan berikut ini:

No.

Nama Jabatan

Kode Jabatan Kebutuhan
1 Analis Data AD 20 orang
2 Administrator Jaringan dan Security Operation Center AJ-SOC 3 orang
3 Administrator Sistem dan Database ASD 1 orang

I. PERSYARATAN

  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pemerintah yang sah;
  2. Usia paling rendah 21 (dua puluh satu) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar;
  3. Sehat jasmani dan rohani;
  4. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap dibuktikan dengan pengumpulan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
  5. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
  6. Memiliki BPJS Kesehatan;
  7. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 10.000,- (format surat terdapat pada Lampiran);
  8. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 10.000,- (format surat terdapat pada Lampiran);
  9. Tidak menjadi anggota atau pengurus organisasi masyarakat, partai politik atau terlibat politik praktis, dan/atau organisasi terlarang yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai 10.000,- (format surat terdapat pada Lampiran);
  10. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dengan kriteria, sebagai berikut:
    1. Pelamar dengan lulusan perguruan tinggi dalam negeri memiliki ijazah dari perguruan tinggi dalam negeri atau program studi yang terakreditasi “A” pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah;
    2. Pelamar dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri memiliki ijazah yang telah disetarakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi;
  11. Tidak menggunakan dan memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA satu bulan terakhir dari Rumah Sakit Pemerintah atau Pihak yang berwenang menerbitkan;
  12. Pelamar memiliki jenjang pendidikan S-1 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima) dalam skala 4,00 (empat koma nol);
  13. Mengerti dan memiliki rasa antusiasme tinggi dalam bidang ilmu teknologi dan informasi;
  14. Mampu mengoperasikan perangkat komputer;
  15. Mampu mengoperasikan aplikasi pengolah dokumen, sharing folder/cloud, online meeting;
  16. Memiliki latar belakang pendidikan, keahlian dan/atau kemampuan sesuai dengan kualifikasi bidang yang dibutuhkan (terlampir);
  17. Dapat berkomunikasi dengan baik;
  18. Menguasai Bahasa Inggris dengan baik;
  19. Mampu bekerja sendiri maupun dalam kelompok;
  20. Memiliki kemampuan berpikir kritis dan analitis, mampu bekerja dengan disiplin dan sungguh-sungguh, serta berkomitmen untuk bekerja sama di dalam tim;
  21. Berkelakuan baik, memiliki loyalitas dan bersedia mentaati semua peraturan yang berlaku;
  22. Teliti dan sanggup bekerja di bawah tekanan;
  23. Bersedia bekerja penuh waktu (full time) selama kontrak berlangsung;
  24. Wajib bersedia untuk bekerja dengan sistem shift, di mana hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya tetap masuk bekerja sesuai shift: Pukul 06.00 d 14.00 WIB, 14.00 s.d 22.00 WIB, dan 22.00 s.d 06.00 WIB yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai Rp.10.000,- (format surat terdapat pada Lampiran).

II. TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Mengirimkan surat lamaran yang ditujukan kepada Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika, melalui e-mail Aduan Konten (aduankonten@kominfo.go.id) dan tautan formulir online berikut:https://komin.fo/seleksiTPSP.
  2. Peserta wajib menyampaikan berkas lampiran kelengkapan lamaran untuk diunggah dalam formulir online di atas dengan rincian sebagai berikut: Lampiran berisi persyaratan umum:

Surat Lamaran yang ditujukan ke Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika;

  1. Daftar Riwayat Hidup yang ditandatangani;
  2. Ijazah kelulusan perguruan tinggi;
  3. Transkrip Nilai Akademik;
  4. KTP;
  5. Pas Photo berwarna 4×6;
  6. NPWP;
  7. BPJS Kesehatan;
  8. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
  9. Surat Keterangan bebas Narkoba/NAPZA satu bulan terakhir dari Rumah Sakit Pemerintah atau Pihak yang berwenang menerbitkan;
  10. Surat Pernyataan tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang ditandatangani di atas materai 10.000;
  11. Surat Pernyataan tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta yang ditandatangani di atas materai 10.000;
  12. Surat Pernyataan bukan anggota atau pengurus organisasi masyarakat, partai politik atau terlibat politik praktis, dan atau organisasi terlarang yang ditandatangani di atas materai 10.000;
  13. Surat Pernyataan bersedia untuk bekerja dengan sistem shift, di mana hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya tetap masuk bekerja sesuai shift: Pukul 00 s.d 14.00 WIB, 14.00 s.d 22.00 WIB, dan 22.00 s.d 06.00 WIB yang ditandatangani di atas materai Rp.10.000;
  14. Surat Akreditasi Perguruan Tinggi;
  15. Sertifikat keahlian yang disyaratkan dalam kualifikasi teknis.
  16. Seluruh dokumen persyaratan pada poin nomor 2 dijadikan dalam 1 file berformat PDF, maksimal 5 MB, diberi nama file kodejabatan_NamaLengkap. Contoh: AD_YudhaTaqiyyah
  17. Subjek e-mail diisi dengan format: Seleksi Tenaga Pendukung Teknis Sistem Pemblokiran Konten Negatif_KodeJabatan_NamaLengkap. Contoh: Seleksi Tenaga Pendukung Teknis Sistem Pemblokiran Konten Negatif_AD_YudhaTaqiyyah

III. JADWAL REKRUTMEN

24 Januari 2023 Pengumuman Penerimaan di media sosial Aduan Konten:

Instagram:

1.     @aduankonten.official: https://www.instagram.com/aduankonten.official

2.     @ditjenaptika: https://www.instagram.com/ditjenaptika

Twitter:

1. @aduankonten: https://twitter.com/aduankonten

26-27 Januari 2023 Penerimaan berkas secara online pada tanggal 26 Januari 2023 pukul 06.00 WIB s.d 27 Januari 2023

pukul 23.59 WIB

30-31 Januari 2023 Seleksi Administrasi
2 Februari 2023 Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi dan Pemanggilan Peserta Wawancara dan Ujian Teknis melalui media sosial Aduan Konten dan e-mail masing-masing peserta
6-7 Februari 2023 Pelaksanaan Wawancara dan Ujian Teknis
13 Februari 2023 Pengumuman Hasil Wawancara dan Ujian Teknis, serta Pemanggilan Peserta Lulus untuk Pemberkasan

KETERANGAN UMUM

  1. Pendaftaran hanya dapat dilakukan melalui e-mail Aduan Konten (aduankonten@kominfo.go.id) dan tautan formulir online berikut: https://komin.fo/seleksiTPSP. Panitia tidak menerima lamaran melalui pos atau media lainnya;
  2. Seluruh berkas persyaratan dapat dikirimkan mulai tanggal 26 Januari 2023 pukul 06.00 WIB s.d 27 Januari 2023 pukul 23.59 WIB. Berkas yang masuk melewati batas waktu yang ditetapkan tidak akan diproses lebih lanjut;
  3. Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan hanya kepada peserta yang lulus melalui e-mail;
  4. Dalam setiap tahapan seleksi, hanya pelamar yang dinyatakan lulus yang akan dihubungi untuk mengikuti tahapan selanjutnya;
  5. Kegiatan seleksi tidak dipungut biaya apapun;
  6. Seluruh keputusan panitia seleksi penerimaan telah melalui proses penilaian dan merupakan keputusan final yang tidak dapat diganggu

Demikian pengumuman ini dibuat untuk diketahui dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. Pengumuman lengkap dapat diakses pada file berikut:

Print Friendly, PDF & Email