Pusat Data Nasional Dorong Adopsi Cloud untuk Sektor Publik

Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Kebijakan Digital dan Pengembangan SDM, Dedy Permadi saat acara 2023 Alibaba Cloud Developer Summit di Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Jakarta, Ditjen Aptika – Pemerintah berkomitmen mendukung adopsi teknologi komputasi awan (cloud) di Indonesia melalui sejumlah inisiatif infrastruktur digital. Salah satunya dengan membangun Pusat Data Nasional (PDN) pada 2022 lalu.

“Pengembangan PDN akan memungkinkan adopsi cloud untuk sektor publik, pembuatan aplikasi generik terintegrasi pemerintah, dan pada akhirnya pembuatan kebijakan yang lebih baik,” kata Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Kebijakan Digital dan Pengembangan SDM, Dedy Permadi saat acara 2023 Alibaba Cloud Developer Summit di Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Dilanjutkan oleh Dedy, pada November 2022 Kementerian Kominfo telah memulai peletakan batu pertama PDN di Bekasi, Jawa Barat. Upaya tersebut sebagai inisiatif di tingkat hilir, selain memperluas konektivitas internet di tingkat hulu.

“Kami telah menggelar lebih dari 450.000 KM jaringan serat optik sebagai backbone, berikut 610.000 Base Transceiver Station dan 15.000 titik akses untuk konektivitas jaringan internet,” jelasnya.

Dedy pun meyakini di era transformasi digital yang terus meningkat, adopsi teknologi cloud sektor swasta maupun publik akan semakin masif. Tidak hanya bergantung pada satu platform cloud, tapi juga dua atau lebih platform pada tahun 2023 ini.

“Fenomena tersebut mendorong adopsi teknologi Meta Cloud untuk menempatkan lapisan kompatibilitas antara satu platform cloud dan lainnya, dan mendorong organisasi untuk mempertimbangkan mengadopsi model cloud hybrid,” ungkapnya.

Lihat juga: Akselerasi Transformasi Digital Pacu Pertumbuhan Ekonomi Digital

Namun Dedy juga menyoroti sejumlah tantangan dalam melakukan adopsi cloud, salah satunya pasokan talenta digital untuk mengelola teknologi tersebut. Mengutip hasil sebuah survei, sebanyak 51 persen responden mengaku kesulitan memenuhi keterampilan teknologi cloud yang dibutuhkan.

“Untuk itu, upaya membekali talenta dengan tingkat keterampilan digital yang memadai menjadi sangat diperlukan oleh berbagai lembaga publik di seluruh Indonesia,” pungkas Staf Ahli Menkominfo, Dedy Permadi. (mhk)

Print Friendly, PDF & Email