Pasar Game Besar, Kemkominfo Gelar IGDX 2022

IGDX Logo

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai game developer sedang ramai diberitakan media. Kemkominfo tengah menggelar Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2022 sebagai upaya mewujudkan potensi besar industri game di Indonesia.

Dirjen Aptika Kemkominfo, Semuel A. Pangerapan menyatakan peluang pasar industri game nasional sangat besar. Oleh karena itu, pemerintah memfasilitasi pengembangan ekosistem game nasional.

“Hal itu untuk mewujudkan Indonesia yang benar-benar mandiri dan menjadi tuan rumah di negara sendiri dengan kemajuan teknologi dan inovasi dalam industri game nasional. Saatnya Game Developer Indonesia naik level untuk Indonesia terkoneksi makin digital, makin maju,” ujarnya dikutip dari Bisnis.com, Sabtu (09/07/2022).

Samuel mengakui pelaku industri lokal hanya menguasai 2 persen dari pasar game Indonesia berdasarkan riset yang dilakukan oleh Kemkominfo bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI) pada 2020.

Maka dari itu, Kemkominfo terus memantau perkembangan kondisi ekosistem industri game Indonesia, serta menciptakan inisiatif yang dapat mendorong laju pertumbuhan para pelaku industri game di Indonesia.

Startup Studio Indonesia Batch 4 Luluskan 15 Alumni di Event Milestone Day

Startup Studio Indonesia

Isu lain yang sedang diangkat media adalah Milestone Day Startup Studio Indonesia (SSI). Kemkominfo tengah mengadakan Milestone Day SSI untuk mendampingi dan membina para startup tahap awal (early-stage) selama 15 minggu agar bisa menemukan product-market fit (PMF).

Koordinator Startup Digital, Sonny Hendra Sudaryana menyatakan saat ini banyak kalangan berpendapat iklim ekonomi kurang menguntungkan bagi startup. Namun melalui SSI diharapkan dapat tertanam mindset para founder untuk terus menjaga visi jangka panjang.

“Ini adalah saat yang baik untuk merefleksikan pengembangan model bisnis dan mengerahkan sumber daya perusahaan dalam merancang inovasi produk yang berkelanjutan dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Sonny dikutip dari Merdeka.com, Jumat (08/07/2022).

Beberapa alumni SSI yang telah menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah, salah satunya adalah alumni SSI Batch 1, Rakamin Academy, yang kini bergabung menjadi salah satu penyedia kelas binaan pada kegiatan Digital Talent Scholarship (DTS) dari Kemkominfo. (pag)

Print Friendly, PDF & Email