Menkominfo: Pusat Data Nasional Berbasis Cloud akan Beroperasi di 2024

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate dalam acara Vaksinasi Grab Bandung, Kamis (18/03/2021).

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) sedang ramai diberitakan media. Menteri Kominfo Johnny G. Plate menargetkan PDN berbasis cloud siap beroperasi pada 2024.

Pembangunan PDN yang salah satunya berlokasi di Kawasan Deltamas Industrial Estate, Bekasi, Jawa Barat, merupakan upaya mendukung ketersediaan infrastruktur TIK dari sektor hulu sampai dengan hilir.

“Pusat data pertama akan dibangun di dekat Jakarta yang pada bulan-bulan ini bisa kami lakukan ground breaking sehingga bisa langsung digunakan pada 2024,” kata Menkominfo saat sesi Leaders’ Talk Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) di Nusa Dua Bali, dikutip dari Suara.com, Senin (11/7/2022).

Menkominfo juga menyebutkan, demi meningkatkan efisiensi operasional pusat data maka akan dibangun PDN di wilayah IKN yang berlokasi Penajam Paser Utara dan Labuan Bajo NTT. Pemilihan dua lokasi itu atas pertimbangan ketersediaan listrik dan jaringan fiber optic, serta rendahnya aktivitas vulkanik bawah laut.

Kemkominfo Buka Pelatihan Literasi Digital Bagi Pemuda Papua

Isu lain yang sedang ramai diberitakan media yaitu mengenai literasi digital. Kemkominfo mengadakan pelatihan
literasi digital pembuatan grafik hasil penelitian bagi pemuda pemuda Papua yang diselenggarakan oleh Departemen Gugus Tugas Papua Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Sabtu (9/7/2022) secara daring.

“Kementerian Kominfo saat ini fokus membangun infrastruktur TIK di wilayah Indonesia timur, termasuk wilayah 3T. Pembangunan infrastruktur dibarengi dengan program kecakapan digital, keamanan digital, dan budaya digital,” ujar Staf Khusus Menkominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang dikutip dari Beritasatu.com, Sabtu (9/7/2022).

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Theofransus Litaay menambahkan Program Papua Edukatif dari organisasi Pemuda Katolik itu sangat membantu dalam pembangunan sumber daya manusia Papua, khususnya bagi generasi muda. (hth)

Print Friendly, PDF & Email