Menteri Johnny Ajak Pengelola E-Commerce Tingkatkan Transaksi UMKM

Menkominfo, Johnny G. Plate ketika meninjau salah satu stand bazar UMKM usai acara puncak Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) Kilau Digital Permata Flobamora di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (18/06/2021) (Foto: AYH)

Jakarta, Ditjen Aptika – Pemberitaan terkait Forum Ekonomi Digital Kominfo menjadi isu terbanyak periode ini dengan total 40 berita dari media nasional dan daerah. Pemerintah terus berupaya mendorong perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak pemilik dan pengelola e-commerce atau lokapasar untuk mendorong peningkatan transaksi pelaku UMKM di platform digital. Hal ini dikatakan Menteri Johnny saat membuka Forum Ekonomi Digital IV: Platform Digital Marketplace yang berlangsung secara hibrida dari Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Senin (04/04/2022).

“Saya mengajak semua pihak menyamakan berbagai pandangan khususnya dengan kementerian dan lembaga dalam rangka peningkatan transaksi penjualan UMKM dalam platform lokapasar. Melalui forum ini, diharapkan beberapa masukan kebijakan pada level nasional mengenai peningkatan aktivitas UMKM dan penggunaan produk dalam negeri, termasuk kewajiban kementerian dan lembaga melakukan pengadaan barang dan jasa menggunakan produk dalam negeri,” kata Johnny seperti dikutip dari Beritasatu.com.

Mengutip arahan Presiden Jokowi, Johnny menyatakan digitalisasi telah menjadi solusi pelaku UMKM dan koperasi agar tetap bertahan dan tumbuh bahkan berkembang di tengah situasi yang sulit. Pemerintah memanfaatkan momentum pasca pandemi untuk mendorong percepatan transformasi digital.

“Di tahun 2022 ini, pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi menargetkan 20 Juta UMKM bisa tembus pasar lokal. Pada masa pandemi Covid-19, sudah tercatat ada 17,5 juta pelaku UMKM yang masuk ke ekosistem digital. Capaian ini belum cukup dan harus ditingkatkan. Target tahun 2023, 24 juta UMKM masuk marketplace dan 30 juta di tahun 2024,” ungkapnya.

Menurut Menteri Johnny, pemerintah telah berusaha melibatkan UMKM masuk dalam skema pengadaan barang dan jasa pemerintah. Hal itu telah disampaikan Jokowi kepada menteri, gubernur, bupati, wali kota, dan dirut BUMN di Bali bulan lalu. Lewat aksi afirmasi dan peningkatan pengunaan produk dalam negeri, pemerintah mendorong pemakaian produk dalam negeri agar bisa bersaing.

15 Startup Pilihan Kemkominfo yang Masuk Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch 4

Isu terbanyak kedua pada periode ini adalah tentang Startup Studio Indonesia 2022. Pada Senin (4/4), Kemkominfo mengumumkan 15 usaha rintisan terpilih untuk mengikuti program inkubasi intensif Startup Studio Indonesia (SSI) Batch 4 untuk tahun 2022.

SSI merupakan program Kemkominfo yang bertujuan untuk mendampingi dan membina para startup digital yang sedang berada di tahap awal (early-stage) agar bisa menemukan produk market-fit dan berkembang pesat.

“Startup yang mendaftarkan diri dalam SSI tahun ini berasal dari latar belakang industri yang makin beragam. Hal ini membuktikan teknologi dan digitalisasi telah menyebar ke hampir semua sektor kehidupan,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan seperti dilansir dari Liputan6.com, Selasa (05/04/2022).

Dirjen Semuel berharap dengan konsep “more brainstorming, less classes’, SSI bisa memberikan pembekalan ilmu dan wawasan praktis melalui sesi coaching oleh lebih dari 60 coach berupa para praktisi startup aktif dan terkemuka. Harapannya agar startup early-stage bisa berkembang secara optimal, dan bisa berprestasi seperti para alumni-alumni batch sebelumnya. (lry)

Print Friendly, PDF & Email