Menkominfo Minta UMKM Lebih Kompetitif di Lokapasar Digital

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan dalam Seminar Daring Adaptasi Teknologi Digital untuk Memperluas Pasar Digitalisasi UMKM Menembus Lintas Batas Pemasaran, dari Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai UMKM Digital ramai diberitakan media setelah Menkominfo, Johnny G. Plate mendorong pelaku UMKM meningkatkan kualitas produk dalam negeri agar lebih kompetitif.

Sebagaimana yang dinyatakan Presiden Joko Widodo, diharapkan UMKM dan koperasi tak hanya menjadi penonton tapi juga aktif di perdagangan digital dan mampu membanjiri lokapasar dengan produk-produk dalam negeri.

“Presiden meminta UMKM segera naik kelas dan tidak boleh hanya menjadi penonton di tengah masifnya aktivitas perdagangan digital. Kualitas produk dalam negeri harus makin ditingkatkan agar lebih kompetitif,” ujar Johnny dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Detik.com, Senin (04/04/2022).

Hal ini ia sampaikan pada Forum Ekonomi Digital IV: Platform Digital Marketplace yang berlangsung secara hibrida dari Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat. Menurutnya, dalam berbagai kesempatan Jokowi mengemukakan masih banyak pembenahan yang harus dilakukan terkait digitalisasi sektor UMKM di Indonesia.

15 Startup Terpilih Ikuti Program Startup Studio Indonesia Batch 4

Isu mengenai startup digital juga ramai diberitakan media. Sebanyak 15 perusahaan rintisan (startup) terpilih untuk mengikuti program inkubasi intensif Startup Studio Indonesia Batch 4 yang diinisiasi oleh Kemkominfo.

“Kami ucapkan selamat sebesar-besarnya kepada 15 startup yang terpilih dan mengikuti program Startup Studio Indonesia Batch 4 ini,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, Semuel A. Pangerapan yang dikutip dari Antaranews.com, Senin (04/04/2022).

Semuel mengatakan terpilihnya 15 startup tersebut telah melalui proses seleksi yang ketat oleh dewan kurator, menyisihkan ribuan pendaftar yang tersebar dari berbagai daerah di tanah air. (pag)

Print Friendly, PDF & Email