Kominfo Tekankan Media Berperan Penting Sebarkan Informasi Berkualitas

Menkominfo Johnny G Plate saat acara Peluncuran Program Nasional Literasi Digital Indonesia Makin Cakap Digital (20/5).

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai literasi digital ramai diberitakan media selama 24 jam terakhir. Kementerian Kominfo menekankan bahwa media memiliki peranan penting dalam menyebarkan informasi yang berkualitas ke masyarakat luas dengan tetap menjunjung kode etik dan regulasi yang berlaku.

Dirjen Infomasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo, Usman Kansong mengatakan media memiliki pengaruh dalam mengedukasi publik lewat konten-konten yang disajikan.

“Kepercayaan khalayak Indonesia terhadap media masih kuat. Media perlu memanfaatkan modal ini untuk memberikan informasi yang berkualitas bagi masyarakat, dengan tetap menjunjung tinggi kode etik dan mematuhi regulasi,” ucap Usman dikutip dari Antaranews.com, Selasa (19/04/2022).

Kemkominfo: Pendidikan Digital Kunci Penerus Peradaban

Selain itu, isu mengenai transformasi digital juga ramai diberitakan media. Kemkominfo menilai pendidikan digital untuk masyarakat penting. Pendidikan digital dibutuhkan untuk meneruskan peradaban.

“Maka peran dunia pendidikan dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) unggul berbasis digital sangatlah diperlukan, karena pendidikan adalah penerus peradaban,” kata Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang dikutip dari MediaIndonesia.com, Selasa (19/04/2022).

Philip mengatakan kemajuan digital tidak bisa disetop. Sehingga, mempelajari digitalisasi sudah dinilai wajib agar bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. (pag) 

Print Friendly, PDF & Email