Literasi Digital, Kemampuan Digital Yang Dicari Saat Ini

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai literasi digital ramai diberitakan media selama 24 jam terakhir. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyelenggarakan seminar online dengan tema yang diangkat Literasi Digital: “Kemampuan Digital yang Dicari Saat Ini”, Senin (19/4/2022) melalui platform zoom meeting.

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Kementrian Kominfo terhadap peningkatan optimalisasi pelaku pengguna media sosial di Indonesia yang telah diikuti oleh berbagai komponen masyarakat. Seminar Literasi Digital ini memiliki beberapa tujuan di antaranya adalah Mengedukasi masyarakat terkait kemampuan digital dalam bermedia sosial.

Seminar ini mengundang narasumber yang mumpuni di bidangnya, yaitu” Rachel Maryam Sayidina (Anggota Komisi I DPR RI), Semuel Abrijani Pangerapan (Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI), Verdy Firmantoro (Dosen Ilmu Komunikasi UHAMKA) dan Rizky Emirdhani Utama (Founder Youth Power Indonesia).  Seminar online ini diikuti oleh 236 peserta.

Kemenkominfo dengan Meta dan GNLD Siberkreasi Gelar Kelas Asah Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi bersama Meta dan Saka Millenial Jawa Tengah kembali menghadirkan kampanye #MakinCakapDigital dengan merilis seri workshop daring terbaru dalam upaya meningkatkan kompetensi digital bagi masyarakat Indonesia.

Seri kelas mencakup beberapa topik yang berkaitan dengan dunia digital. Kelas “Dunia Maya dan Jejak Digital”, “Melindungi Identitas Digital” dan “Etika Warga Digital” akan diadakan pada tanggal 16 dan 17 April 2022. Selanjutnya, kelas ”Komunikasi di Dunia Digital”, “Mengenali Berita Palsu”, dan “Verifikasi Data” akan diadakan pada tanggal 23 dan 24 April 2022.

Kelas akan dilakukan melalui Zoom dan di halaman Facebook Siberkreasi. Pendaftaran kelas akan dibuka untuk masyarakat umum dan juga anggota Saka Milenial Kwartir Jawa Tengah. Untuk informasi lebih lanjut dan mendaftar, kunjungi http://info.literasidigital.id atau follow @siberkreasi di media sosial. (hth)

 

 

Print Friendly, PDF & Email