Presidensi Indonesia di G20 Jadi Momentum Konsolidasikan Isu Digital Nasional

Sekjen Kemkominfo, Mira Tayyiba, saat wawancara dengan tim Humas Kemkominfo (12/02/2021).

Jakarta, Ditjen Aptika – isu mengenai ekonomi digital ramai diberitakan media setelah dibahas dalam presidensi G20 dengan isu isu digital pada Digital Economy Working Group (DEWG).

Media mengangkat pernyataan Sekretaris Jenderal Kemkominfo, Mira Tayyiba yang mengajak semua stakeholder baik dari pemerintah, industri, dan kelompok masyarakat untuk bersatu dalam kepemimpinan sektor digital.

“Mari kita gunakan kesempatan Presidensi G20 Indonesia tidak hanya untuk memperlihatkan kepemimpinan Indonesia di sektor digital ke komunitas global, tetapi juga menggunakan momentum ini untuk mengkonsolidasi isu digital di ranah nasional,” kata Mira pada Siaran Langsung Kick Off G20 on Education and Culture dikutip dari Liputan6.com, Rabu (09/02/2022).

DEWG membawa tiga isu prioritas, yaitu Connectivity and Post Covid-19 Recovery, Digital Skills and Literacy dan Cross Border Data Flow and Data Free Flow with Trust.

Temuan Hoaks Vaksin Covid-19 Bertambah, Simak Sebarannya di Media Sosial

Isu mengenai hoaks vaksin Covid-19 terus diberitakan media. Media memberitakan Kemkominfo yang terus melaporkan temuan hoaks seputar vaksin covid-19. Hingga Selasa (15/02), terdapat 458 temuan hoaks yang tersebar di berbagai media sosial dan sebarannya mencapai 2.644 konten.

Dikutip dari Liputan6.com, Rabu (16/02/2022) Sebaran hoaks paling banyak ditemukan di Facebook. Terdapat 2.448 konten hoaks seputar vaksin covid-19 . Sementara Twitter berada di posisi kedua. Dalam catatan Kementerian Kominfo ada 111 sebaran hoaks soal vaksin covid-19 di platform ini.

Situs berbagi video, seperti YouTube dan TikTok juga tak luput dari sasaran hoaks. Tercatat, ada 43 hoaks di YouTube dan 21 di TikTok. Lalu 21 sebaran hoaks sisanya ditemukan Kementerian Kominfo berada di Instagram. Pihak Kementerian Kominfo sudah melakukan takedown kepada semua informasi hoaks tersebut. (pag)

Print Friendly, PDF & Email