Kemenkominfo Blokir 2.644 Hoaks Vaksin Covid-19 di Medsos

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai hoaks Covid-19 masih mewarnai pemberitaan dalam 24 jam terakhir. Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan ratusan hoaks terkait hingga Senin, 14 Februari 2022. Hoaks yang disebarkan ribuan kali di media sosial itu sudah diblokir.

“Temuan hoaks vaksin covid-19 457 yang disebar 2.644 kali.┬áKemenkominfo memerinci 2.448 sebaran hoaks vaksin covid-19 di Facebook. Kemudian, 111 hoaks vaksin covid-19 di Twitter, dan 43 hoaks vaksin covid-19 di Youtube,” tulis data Kemenkominfo dikutip dari medcom.id, Senin (14/02/2022).2.644 sebaran hoaks sudah diblokir,” tulis data tersebut.

Kemenkominfo mengimbau masyarakat lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Salah satu caranya dengan tidak menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya.

G20 Ajang Ekonomi Digital Unjuk Gigi

Pemberitaan terkait Presidensi G20 Indonesia turut mewarnai pemberitaan dengan total 37 pemberitaan media cetak, online, dan televisi. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut Indonesia menjadi negara pertama yang mengangkat isu digital dalam Group of Twenty (G20). Isu tersebut konsisten dikemukakan sejak 2019.

Mira Tayyiba, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sekaligus Chair Digital Economy Working Group G20 2022 melihat tema ini terbilang penting untuk bisa memulihkan ekonomi.

Sementara Staf Khusus Menteri Kominfo bidang Digital dan Sumber Daya Manusia, Dedy Permadi, dalam acara Sofa Talk bertajuk Kepimpinan Indonesia Dalam Isu Digital di Forum G20 pada Rabu (26/01), seperti dilansir dari kontan.co.id mengatakan Indonesia adalah negara yang memperjuangkan isu digital dari gugus tugas menjadi kelompok kerja, dari task force menjadi working group.

Sektor digital, kata Dedi menjadi sektor yang tetap bertumbuh positif di tengah pandemi Covid-19. Artinya, kata dia, ada optimisme di ruang digital untuk tetap mempertahankan ekonomi masyarakat dan kita kerja sama dengan negara lain.

Print Friendly, PDF & Email