Presiden Jokowi: Rayakan Kemerdekaan di Rumah Digital Indonesia

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, saat membuka secara resmi Rumah Digital Indonesia secara virtual, Minggu (01/08/2021).

Jakarta, Ditjen Aptika – Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk merayakan hari kemerdekaan 2021 di Rumah Digital Indonesia (RDI). Situasi pandemi Covid-19 membuat partisipasi dan kebersamaan masyarakat dilakukan secara virtual.

“Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda yang akrab dengan dunia digital untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan yang ada di Rumah Digital Indonesia ini,” kata Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, saat membuka secara resmi Rumah Digital Indonesia secara virtual, Minggu (01/08/2021).

Beragam fitur yang tersaji di Rumah Digital Indonesia bisa dinikmati masyarakat untuk menyemarakkan perayaan hari kemerdekaan dari rumah. Mulai dari berinteraksi, menonton berbagai konten hiburan seni dan budaya, mendapatkan literasi digital, hingga belanja produk lokal secara virtual.

“Selain itu masyarakat juga bisa melakukan lomba dan permainan tradisional khas 17-an seperti lomba balap karung di RDI. Ini bisa dilakukan siapapun dan darimana pun,” tandas Presiden Jokowi.

Fitur yang ada di Rumah Digital Indonesia (1/8).

Partisipasi dan kebersamaan, ungkap Jokowi, merupakan kata kunci utama dalam perjuangan bangsa Indonesia pada zaman dahulu dalaam melawan penjajah. Semangat itu pula yang harus digelorakan dalam melawan pandemi Covid-19.

“Seluruh rakyat Indonesia baik pada level RT, RW, kelurahan, desa, kecamatan, kabupaten, kota, provinsi, bahkan nasional harus berpartisipasi aktif dan bersama-sama melawan pandemi Covid-19. Mari kita fokuskan waktu, tenaga, dan pikiran untuk itu,” ajak Presiden Jokowi.

Menurutnya, dengan semangat perjuangan, partisipasi, dan kebersamaan masyarakat Indonesia akan menjadi kekuatan terbesar dalam melawan pandemi Covid-19. Ia pun berpesan agar masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan tantangan besar yang dihadapi sekarang untuk lompatan kemajuan bangsa Indonesia.

“Sekali lagi, saya mengajak agar masyarakat untuk tetap dapat merayakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia tahun ini melalui Rumah Digital Indonesia,” tutupnya.

Lihat juga: Menkominfo: RDI jadi Wadah untuk Tingkatkan Keterampilan Digital Masyarakat

Pada acara pembukaan tersebut turut dilangsungkan berbagai kegiatan, seperti Bincang Bangsa dengan tema Membuka Pintu Inklusivitas melalu Kolaborasi yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sandiaga Uno), Staf Khusus Presiden RI (Putri Tanjung), serta beberapa pembicara lain.

Para pembicara dalam acara Bincang Bangsa (1/8).

Selain itu juga terdapat acara hiburan seperti Konser Kolaborasi Nusantara yang akan diisi oleh berbagai musisi membawakan lagu daerah, seperti Kicir-Kicir, Manuk Dadali, Bubuy Bulan, dan Jali-Jali.

Rumah Digital Indonesia merupakan kolaborasi bersama Kementerian Kominfo, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian Agama, dan Kementerian Luar Negeri.

Puncak perayaan kemerdekaan berlangsung tanggal 16 Agustus 2021 mulai pukul 19.00 WIB melalui laman rumahdigitalindonesia.id. Dalam Rumah Digital Indonesia setiap pengakses dapat mengikuti event dan festival untuk memeriahkan Peringatan HUT RI ke-76 yang bertajuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. (lry)

Print Friendly, PDF & Email