Menkominfo: RDI jadi Wadah untuk Tingkatkan Keterampilan Digital Masyarakat

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dalam Konferensi Pers tentang Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia, secara virtual dari Jakarta, Jumat (30/07/2021).

Jakarta, Ditjen Aptika – Pemerintah menyediakan wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan keterampilan digital melalui platform Rumah Digital Indonesia (RDI) yang bisa diakses mulai 1 Agustus 2021 mendatang.

“Berbagai konten mengenai pemanfaatan internet akan diperkenalkan kepada masyarakat melalui RDI. Di dalamnya ada program untuk melatih kecakapan digital, membangun digital culture masyarakat di tingkat yang paling dasar (basic skill), etika digital, dan kemampuan yang terkait dengan keamanan digital,” tutur Menkominfo Menkominfo Johnny G. Plate dalam Konferensi Pers Virtual tentang Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia dari Jakarta, Jumat (30/07/2021).

Menteri Johnny menjelaskan, keempat program tersebut bertujuan untuk membekali masyarakat menguasai teknologi dan mengisi ruang digital dengan konten positif dan produktif.

“Jangan sampai ruang digital kita diisi dengan hal-hal yang tak bermanfaat karena sekarang ini banyak sekali hoaks, disinformasi, misinformasi, malinformasi, yang membuat kita sulit untuk berkembang dan bangkit memanfaatkan ruang digital,” jelasnya.

Bahkan, kata Johnny, Presiden Joko Widodo telah berulang kali menyampaikan agar infrastruktur digital yang telah dibangun di seluruh tanah air dimanfaatkan dan dikuasai.

“Jangan sampai infrastruktur yang sudah dibangun besar-besaran oleh operator seluler dan juga Kominfo di seluruh wilayah Indonesia tidak kita kuasai. Karenanya, ruang literasi digital ini juga ditujukan untuk mendorong pasar lokal UMKM menguasai ruang digital kita yang memang berhubungan langsung dengan digital onboard dari UMKM,” tegas Menteri Kominfo.

Lihat juga: Kunjungi Labuan Bajo, Menkominfo Ajak Pelaku UMKM Masuk Pasar Digital

Dalam kesempatan itu, Menkominfo mengapresiasi keberadaan platform digital RDI yang bisa mewadahi kemeriahan serta kegembriaan perayaan kemerdekaan secara virtual dan bisa dijelajahi para pengunjung secara daring (online).

“Rumah Digital Indonesia ini tidak saja dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang, tetapi perspektifnya yaitu menghantar masyarakat Indonesia memasuki dunia digital, serta mendapat ilmu digital juga. Ini sekaligus untuk kita memanfaatkan momentum HUT Indonesia ke-76 dan mengajak talenta digital Indonesia agar lebih mampu melakukan adaptasi dalam ruang digital sehingga menjadi bermanfaat,” pungkas Johnny.

Konferensi pers yang disaksikan sekitar 8.900 pemirsa melalui kanal Yotube Kemkominfo TV dan Sekretariat Presiden itu juga menghadirkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Staf Khusus Presiden, Putri Tanjung.

Kolaborasi Lintas Kementerian

Rumah Digital Indonesia merupakan kolaborasi bersama Kementerian Kominfo, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian Agama, serta Kementerian Luar Negeri.

Acara pembukaan Rumah Digital Indonesia berlangsung pada 1 Agustus 2021 mulai pukul 15.00 WIB. Sementara itu, puncak perayaan kemerdekaan berlangsung tanggal 16 Agustus 2021 mulai pukul 19.00 WIB. Masyarakat di seluruh Indonesia dapat menyaksikan Rumah Digital Indonesia melalui laman rumahdigitalindonesia.id secara gratis mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2021.

Dalam Rumah Digital Indonesia setiap pengakses dapat mengikuti event dan festival untuk memeriahkan Peringatan ke-76 Kemerdekaan Indonesia yang bertajuk “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. (hm.ys)

Print Friendly, PDF & Email