Wujudkan Indonesia Makin Cakap Digital, Kominfo Bangun Sinergitas Bersama Dharma Pertiwi TNI

Tangkapan layar Menteri komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi dalam Launching Literasi Digital Keluarga Besar TNI di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023).

Jakarta, Ditjen Aptika – Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dengan unsur Dharma Pertiwi dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hal tersebut merupakan langkah pemerintah dalam meningkatkan literasi digital di seluruh lapisan masyarakat.

Menkominfo Budi Arie Setiadi menekankan bahwa kolaborasi dalam kegiatan literasi digital menjadi elemen kunci dalam upaya meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan internet secara positif.

“Khususnya dalam kegiatan ekonomi digital serta mencegah penyebaran konten negatif,” ujarnya dalam Launching Literasi Digital Keluarga Besar TNI di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023)

Kementerian Kominfo telah menginisiasi Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang hadir sejak 2017 untuk memperkuat kecakapan digital dasar dan literasi digital masyarakat. Program ini didukung oleh 142 mitra dari berbagai latar belakang, termasuk akademisi, perusahaan start-up dan marketplace, serta perusahaan teknologi global. 

Meskipun telah berjalan selama enam tahun, Menkominfo mengakui perjalanan untuk meningkatkan literasi digital nasional masih panjang. 

“Dari total 215,63 juta pengguna internet di Indonesia, kegiatan GNLD hingga 16 Oktober 2023 telah melakukan literasi kepada 23.752.721 peserta. Karenanya, kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung upaya literasi digital nasional menjadi penting untuk dilakukan, termasuk oleh keluarga besar TNI yang tersebar di seluruh penjuru negeri,” ungkapnya.

Lihat juga: Pemerintah dan DPR Sepakati Pembahasan Revisi Kedua UU ITE

Menteri Budi Arie menyatakan kolaborasi bersama TNI tidak hanya sekadar meningkatkan pemahaman keluarga besar TNI pada isu digital, namun juga membuka peluang keluarga TNI untuk menjadi pegiat literasi digital nasional. 

Bahkan Menkominfo berharap makin banyak konten-konten bermuatan positif yang mengandung unsur toleransi, nasionalisme, dan edukasi yang diproduksi untuk mewujudkan Indonesia yang makin cakap digital.

“Melalui kolaborasi ini, jejaring keluarga TNI dapat menjadi corong amplifikasi upaya literasi digital nasional yang dapat merambah seluruh pelosok negeri,” ungkapnya.

Dalam acara itu hadir Ketua Dharma Pertiwi Vero Yudo Margono, dan Ketua Persatuan Istri Tentara Nasional Indonesia dari Matra Angkatan Darat, Laut, dan Udara.

Sementara, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Ibu Zara Murzandina dan Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan. (rar)

Print Friendly, PDF & Email