Digitalisasi Budidaya Tambak, Kominfo Lakukan PoC di Kab. Pemalang

Acara Sosialisasi dan Implementasi Digitalisasi Perikanan Budidaya di Kabupaten Pemalang, Kamis (24/06/2021).

Jakarta, Ditjen Aptika –  Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyelenggarakan Proof of Concept (PoC) kegiatan Petambak Digital 4.0 di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Hal itu sebagai upaya digitalisasi budidaya tambak yang masuk dalam sektor maritim.

Koordinator Strategis Sektor 1 Ditjen Aptika Kemkominfo, Wijayanto menjelaskan kegiatan itu menjadi langkah awal dalam peningkatan adopsi teknologi di sektor maritim subsektor perikanan budidaya yang merupakan bagian dari program pemanfaatan TIK untuk peningkatan ekonomi dan bisnis.

“Kami bekerjasama dengan KKP dan Startup Digital JALA selaku pengembang perangkat IoT sensor menyelenggarakan Proof of Concept yang bertujuan untuk mengukur dampak pemanfaatan teknologi digital pada perikanan budidaya,” terang Wijayanto saat acara Sosialisasi dan Implementasi Digitalisasi Perikanan Budidaya di Kabupaten Pemalang, Kamis (24/06/2021).

Penggunaan teknologi atau digitalisasi, lanjutnya, diharapkan dapat mempermudah bukan mempersulit. Proses digitalisasi yang terjadi pada tiga dimensi yakni pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat tidak dapat dihindari, tetapi harus diadaptasi untuk mempermudah keseharian kita.

Lebih lanjut pria lulusan S2 ITB ini mengatakan apabila di tahun 2020 Kemkominfo fokus pada program digitalisasi nelayan, maka pada tahun 2021 ini akan lebih kepada digitalisasi perikanan budidaya (tambak) dimana PoC teknologi dilaksanakan pada tiga lokasi.

“Kami lakukan di Pemalang, Purworejo, dan Banyuwangi. Kelak bisa direplikasi, apabila terbukti melalui pengukuran dampak bahwa peningkatan kesejahteraan akibat pengaruh teknologi atau faktor-faktor yang lain,” tuturnya.

Lihat juga: Nelayan Kepulauan Sangihe Terapkan Aplikasi untuk Tangkap Ikan

Sementara itu startup JALA mempresentasikan penggunaan gawai dengan teknologi IoT yang mampu memprediksi dan memantau pH (derajat keasaman), cuaca, dan penyakit di air. Gawai disebut JALA Baruno dan juga aplikasi JALA (Jalaapps), sebuah aplikasi yang bisa memfasilitasi penjualan udang dengan harga terbaik.

PoC di Kabupaten Pemalang dilaksanakan di dua lokasi, yakni Desa Mojo dan Desa Nyamplung. Teknis pelaksanaan akan didampingi asisten dari PT. JALA yang melakukan pembinaan selama 8 bulan, dengan pertemuan rutin bersama para petambak setiap bulannya.

Kegiatan itu diikuti sekitar 50 orang petambak terpilih dari Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang. Acara juga disertai pemberian doorprize sehingga peserta menyimak dengan antusias penjelasan dari para narasumber. (mow)

Print Friendly, PDF & Email