Abdi Patriot 3 On jadi Alternatif Model Pembelajaran Jarak Jauh

Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Madya, Aris Kurniawan (kanan), saat acara Gotong Royong Penerapan Model Pembelajaran Jarak Jauh Abdi 3 On (on air, online, dan on land), di Lampung, Rabu (26/08/2020).

Lampung, Ditjen Aptika – Kementerian Kominfo meluncurkan Abdi Patriot 3 On sebagai alternatif model pembelajaran jarak jauh (PJJ) tanpa kuota internet.

“Harus diakui meskipun sebagian wilayah di Indonesia sudah mempunyai infrastruktur internet yang memadai, tapi masih sering kita temukan kelompok masyarakat yang kesulitan dalam penyediaan gawai dan kuota internet untuk menunjang PJJ,” terang Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Madya, Aris Kurniawan, saat acara Gotong Royong Penerapan Model Pembelajaran Jarak Jauh Abdi 3 On (on air, online, dan on land), di Lampung, Rabu (26/08/2020).

Kominfo, lanjut Aris, bergotong royong bersama pemda dan komunitas setempat untuk memberikan alternatif model PJJ tanpa kuota internet yang diharapkan bisa membantu kelompok tersebut.

Melalui gotong-royong, kolaborasi, pemanfaatan teknologi, serta konvergensi media, diharapkan dapat memberi solusi atas masalah di dunia pendidikan.

Sedangkan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pringsewu, Samsir Kasim, berharap program ini menjadi contoh bagi daerah lainnnya di Kabupaten Pringsewu, bahkan di seluruh Indonesia.

“Mudah-mudahan program ini menjadi progam sukses dan berlanjut, bukan hanya menjadi program yang sesaat sehingga dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan,” harapnya.

Lihat juga: Potensi Internet of Thing di Bali

Workshop Abdi Patriot 3 On (26/8).

Alternatif PJJ tersebut juga dilandasi arahan Presiden Joko Widodo, pada Sidang Tahunan MPR dalam rangka memperingati HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI. Presiden menyebutkan krisis memberikan momentum untuk mengejar ketertinggalan, untuk melakukan lompatan transformasi besar untuk kemajuan yang signifikan.

Tentang Abdi Patriot 3 On

Abdi Patriot 3 On merupakan sebuah pemanfaatan teknologi baru sekaligus konvergensi media sebagai strategi solusi PJJ tanpa kuota internet. Perpaduan teknis pemanfaatan PJJ melalui aplikasi belajar daring intranet memanfaatkan mini server dan mini personal komputer rakitan sendiri untuk menghadirkan konsep PJJ dengan tiga cakupan, yakni online, on air dan on land.

Konsep online, menyediakan media pembelajaran bagi sekolah dan siswa yang dapat diakses tanpa kuota internet. Solusi yang dihadirkan berupa materi pembelajaran dalam bentuk buku elektronik, soal elektronik dan video pembelajaran dari sebuah komputer server yang dapat diakses melalui wifi jaringan intranet lokal.

Konsep on air, menjembatani media bagi guru dalam penjelasan materi belajar dalam bentuk ceramah yang dilakukan dengan siaran di studio radio. Dalam jarak jangkauan tertentu siswa dapat berinteraksi untuk bertanya melalui telepon, SMS, atau pesawat radio sesuai dengan ketersediaan perangkat.

Konsep on land, digunakan guru untuk memproduksi konten materi pembelajaran dalam bentuk video dan bank soal. Kegiatan on land digunakan untuk mengerjakan penugasan dalam bentuk resume, pengerjaan soal atau proyek-proyek kecil, baik secara mandiri maupun kelompok terbatas.

Siswa/i SDN 2 Pringsewu mencoba model PJJ Abdi Patriot 3 On (27/8).

Kegiatan Abdi Patriot 3 On dicoba pertama kali di SDN 2 Margosari, Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu pada tanggal 27 Agustus 2020.

Dalam penerapannya Kementerian Kominfo berkolaborasi dengan stakeholder terkait, seperti Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Pekon Margosari, Relawan TIK Pringsewu, PGRI Kabupaten Pringsewu, Jaringan Radio Komunitas Lampung /JRKL, RPPL Rapemda Pringsewu, RAPI Kabupaten pringsewu dan komunitas Patriot yang bergerak dalam pemanfaatan dan adopsi teknologi baru. (lry)

Print Friendly, PDF & Email