Kementerian Keuangan Jajaki Mail.go.id untuk Verifikasi Operator SAKTI

Sosialisasi layanan Mail.go.id di Treasury Learning Center (TLC) Jakarta (6/8).

Jakarta, Ditjen Aptika – Kementerian Keuangan melalui Ditjen Perbendaharaan menjajaki pemanfaatan layanan mail.go.id untuk memverifikasi pengelola keuangan pengguna aplikasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI).

Sosialisasi penggunaan mail.go.id tersebut disampaikan dalam pelatihan aplikasi SAKTI yang diselenggarakan oleh Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan, bertempat di Treasury Learning Center (TLC) Jakarta, Selasa (6/8).

“Penggunaan mail.go.id merupakan amanat dari Surat Edaran Menteri PAN RB Nomor 6 Tahun 2013 tentang Penggunaa Alamat e-Mail Resmi Pemerintah pada Instansi Pemerintah,” kata Ivan Syahreza selaku Kasi Data dan Informasi Layanan Aptika Kemaritiman dan PMK.

Ivan menegaskan, “Penggunaan mail.go.id untuk kedinasan diperlukan untuk memastikan bahwa e-mail tersebut dikirim atau diterima oleh pihak yang benar.”

Para peserta pelatihan aplikasi SAKTI merupakan perwakilan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dari seluruh Indonesia. Sosialisasi mail.go.id akan dilaksanakan dalam tiga batch selama bulan Agustus 2019.

Di ruang kelas yang berbeda, Nova Zanda menyampaikan bahwa saat ini e-mail atau surat elektronik (surel) selain untuk berkirim informasi juga berfungsi sebagai media verifikasi pengguna aplikasi. “Pemilik email akan mendapatkan notifikasi berupa kode verifikasi yang dikirim melalui alamat surel yang didaftarkan. Untuk selanjutnya, di-input sebelum dapat menggunakan aplikasi,” ujar Nova.

Penggunaan resmi domain pemerintah akan digunakan dalam proses verifikasi aplikasi SAKTI, baik dari instansi pusat di Jakarta maupun di daerah. Nantinya para pengguna SAKTI diwajibkan memakai alamat email resmi instansinya. Layanan mail.go.id merupakan solusi bagi pengguna yang tidak mendapatkan fasilitas surel oleh instansinya.

Aplikasi SAKTI dibangun oleh Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan untuk mendukung pelaksanaan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN). Aplikasi ini mencakup pengelolaan anggaran, komitmen, pembayaran, bendahara, persediaan, aset tetap, general ledger, dan pelaporan. (nvz)