Lomba Catur Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74

Lomba Catur Kominfo memeriahkan HUT RI ke-74 (6/8).

Jakarta, Ditjen Aptika – Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) 2019 Kementerian Komunikasi dan Informatika digelar untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Acara tersebut disambut antusias oleh seluruh unit kerja yang mengikuti berbagai perlombaan dari tanggal 2 hingga 17 Agustus 2019.

Sekretaris Jenderal Kominfo Rosarita Niken Widiastuti menyampaikan, kegiatan Porseni diselenggarakan selain untuk memeriahkan HUT Proklamasi ke-74, juga memotivasi para karyawan/karyawati di lingkungan Kominfo agar giat berolahraga.

“Kita harus memiliki kekuatan kasih sayang dan struktural untuk membangun kinerja yang lebih baik lagi,” ujar Sekjen Niken saat Pembukaan Porseni di Lapangan Anantakupa, Gedung Kemkominfo Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Dalam acara tersebut, Ditjen Aptika dipercaya sebagai penyelenggara lomba catur. PIC lomba catur Subiakto menyatakan, pertandingan catur yang berlangsung tanggal 6-7 Agustus 2019 dibagi menjadi dua hari, yaitu hari pertama pertandingan catur beregu dan hari kedua catur perseorangan.

“Pertandingan catur ini menerapkan standar internasional, sehingga karyawan/karyawati di lingkungan Kominfo menjadi terbiasa. Wasit yang ditunjuk untuk menyelenggarakan lomba Catur dari Percasi yang bersertifikat,” jelas Subiakto.

Peserta berasal dari tujuh unit kerja di Kemkominfo, yaitu Balitbang SDM, Ditjen SDPPI, Ditjen PPI, Ditjen IKP, Ditjen Aptika, BAKTI, dan Sekretariat Jenderal Kominfo. Lomba catur diadakan di Gedung VIP Serbaguna Kominfo.

PIC Lomba Catur, Subiakto (kiri), menyaksikan penyampaian ketentuan pertandingan.

Hasil lomba catur tersebut sebagai berikut:

  • Lomba beregu: 1. Balitbang SDM, 2. Ditjen SDPPI, 3. Ditjen Aptika;
  • Lomba perorangan: 1. SDPPI, 2. Ditjen PPI, 3. Ditjen Aptika.

“Bukan kemenangan yang utama yang kita raih, tapi sportivitas yang perlu kita junjung tinggi. Karena kalah menang itu sudah biasa dalam sebuah sebuah pertandingan,” pungkas Subiakto. (sub)