Kunjungan Rombongan Peserta AKSI Pemerintah Provinsi Jambi

Jakarta, Ditjen Aptika – Dalam rangka peningkatan kapasitas SDM di lingkungan Provinsi Jambi, Badan Pengembangan SDM Pemerintah Provinsi Jambi melakukan kunjungan observasi dan kunjungan lapangan ke Kementerian Kominfo.

Bertempat di Ruang Rapat Ruslan Abdul Gani Kantor Kementerian Kominfo lantai 2, rombongan AKSI (Analisa Kebutuhan Sistem Informasi) diterima oleh Kepala Sub Direktorat Layanan Aptika Kemaritiman Sedi Priagusman dan Kepala Sub Direktorat Layanan Aptika Pemerintah Daerah Hasyim Gautama didampingi pejabat dan staf terkait (9/4).

Kepala Badan Pengembangan SDM Pemprov Jambi, menyampaikan bahwa peserta AKSI yang berjumlah 37 merupakan perwakilan dari Dinas Kominfo dari Kabupaten/Kota di Provinsi  Jambi termasuk panitia dan pembimbing. Kegiatan yang bertujuan untuk berbagi informasi tentang perkembangan pelaksanaan Sistem Pemerintahaan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam kaitannya dengan pelayanan publik, sehingga diharapkan peserta dapatkan informasi terkini yang dapat diterapkan di lingkungannya.

Penyerahan Plakat oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Provinsi Jambi.

Diskusi diawali dengan pemaparan tentang Meningkatkan Layanan Publik melalui smartcity dan paparan tentang pelaksanaan SPBE dalam smartcity. Hasyim menyampaikan bahwa pelaksanaan SPBE sangat erat kaitannya dengan pelaksanaan smartcity.

Hal ini tergambar dari pemanfaatan aplikasi yang tidak hanya diperuntukan di lingkungan antar pemerintah dan layanan kepada ASN seperti aplikasi e-Office dan e-Budgeting, tapi juga aplikasi untuk layanan kepada masyarakat dan dunia usaha seperti e-kesehatan, e-perijinan dan e-procurement.

Dalam diskusi disampaikan pula tentang pemanfaatan aplikasi umum yang akan ditetapkan oleh Kementerian PANRB, dimana pembangunannya akan dikoordinasikan bersama Kementerian Kominfo. Dengan demikian baik pemerintah pusat dan daerah dapat melakukan pengembangan aplikasi umum setelah mendapatkan pertimbangan dan memenuhi standar teknis dan prosedur pembangunan dari Kementerian Kominfo. (nvz)

Print Friendly, PDF & Email