Kominfo Fasilitasi Pelatihan Nelayan Go Online di Kepulauan Selayar

Selayar, Ditjen Aptika – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kepulauan Selayar melakukan pelatihan Sosialisasi Implementasi Program Nelayan Go Online.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar menjelaskan bahwa Kepulauan Selayar terdiri dari 132 pulau dan 32 pulau yang merupakan pulau berpenghuni. Potensi perikanan dan pariwisata maritim di Kepulauan Selayar sangat besar, ditandai dengan adanya gugusan karang terbesar ketiga di dunia yang terletak di Takabonerate. Adapun jenis ikan yang ada di Kepulauan Selayar diantaranya ikan pelagis, ikan laut dalam, lobster, dan rajungan.

Permasalahan yang saat ini dihadapi selain pada akses pasar juga pembinaan dalam proses pengolahan hasil tangkapan. “Dengan adanya pelatihan ini yang memberikan pelatihan terkait aplikasi khusus untuk nelayan yang bisa memberikan kemudahan bagi nelayan menangkap ikan dan update informasi harga pasar setiap hari,” katanya saat memberikan sambutan pada pelatihan Sosialisasi Implementasi Program Nelayan Go Online di Kabupaten Kepulauan Selayar, Rabu (10/04/2019).

Pelatihan dan sosialisasi yang pertama kali dilaksanakan ini sangat dibutuhkan dan perlu keberlanjutan pelatihan yang lebih detil lagi karena di era digital ini nelayan tidak boleh tertinggal dengan teknologi informasi. “Saya berharap Kemkominfo ke depan bisa memberikan pelatihan dengan sistem yang serupa untuk kemudahan usaha pada sektor pertanian dan pariwisata,” ucapnya.

Menurut Kepala Seksi Pengembangan dan Fasilitasi Platform Perikanan, sasaran dari program Nelayan Go Online ini adalah untuk memberikan fasilitas edukasi dan pembelajaran kepada para nelayan dengan memanfaatkan teknologi berbasis digital sehingga nelayan dapat memasarkan dan menjual produknya pada marketplace yang sudah ada. Selain itu, juga dapat mencari informasi serta penyuluhan secara online sehingga dapat meningkatkan produktivitas, mewujudkan kemandirian ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan.

Implementasi Nelayan Go Online di Kabupaten Kepulauan Selayar terlaksana atas kerjasama Kementerian Kominfo, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar, Camat Bontoharu, dan dihadiri oleh 150 nelayan yang berasal dari enam kecamatan. (pae)