Percepatan SPBE, Aplikasi SIMAYA sebagai Portal Layanan Kepegawaian

Bogor, Ditjen Aptika – Dalam percepatan pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Aplikasi SIMAYA akan menjadi Portal Layanan Kepegawaian. Hal itu sesuai hasil rapat Tim Koordinasi SPBE yang diikuti oleh Menteri PANRB, Menteri Kominfo dan Menteri PPN/Bappenas di Kementerian PANRB tanggal 8 Maret 2019.

“Dinas Kominfo provinsi dan kebupaten/kota nantinya berkolaborasi dengan Direktorat LAIP dalam pemberian bimbingan teknis SIMAYA. Setelah itu SIMAYA sudah mulai digunakan, diawali dengan Dinas Kominfo untuk memberikan contoh penerapannya,” kata Plt. Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) Bambang Dwi Anggono, saat Bimbingan Teknis Penggunaan SIMAYA V.6 di Hotel Bogor Valley, Bogor (11/3).

Saat ini Aplikasi SIMAYA telah memasuki versi 6 sebagai pengembangan dan penyempurnaan dari versi sebelumnya. Aplikasi berbasis cloud ini nantinya akan diintegrasikan dengan berbagai aplikasi lain seperti mail.go.id dan Sistem Inforasi Kearsipan Dinamis (SIKD).

Dalam Perpres 95 Tahun 2018 disebutkan bahwa percepatan SPBE bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. Percepatan SPBE dilakukan di Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah melalui pengembangan aplikasi umum dan infrastruktur SPBE.

Percepatan SPBE ditargetkan dapat diselesaikan dalam waktu dua tahun, antara lain berupa pelaksanaan penganggaran berbasis kinerja, kepegawaian, kearsipan, pengaduan masyarakat dan infrastrukutr TIK. (nvz)