Kominfo Fasilitasi Alat Sensor Tanah dan Cuaca di Gunung Kidul

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan serah terima alat sensor tanah dan cuaca sebagai salah satu upaya fasilitasi pemerintah dalam rangka implementasi inisiatif digitalisasi sektor pertanian.

Menurut Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, alat ini akan meningkatkan produktivitas pertanian dan meningkatkan nilai tukar petani yang berujung kepada kesejahteraan petani.

“Dengan teknologi dan peningkatan kesejahteraan akan menarik anak muda terjun ke sektor pertanian,” katanya saat memberikan sambutan pada acara Serah Terima Alat Sensor Tanah dan Cuaca di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Jumat (21/12/2018).

Program Pertanian Presisi merupakan inisiatif pemanfaatan instrumen teknologi informasi dalam melakukan analisis data iklim, tanah dan tanaman guna meningkatkan produktivitas lahan pertanian. Melalui program digitalisasi ini diharapkan manajemen dapat bekerja inovatif, praktik pertanian berjalan lebih optimal, dan pada akhirnya akan menaikkan daya saing sektor pertanian.

Kegiatan terselenggara atas kerjasama antara Kementerian Kominfo,  Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunung Kidul, dan salah satu startup yang bergerak di sektor Internet of Things (IoT) pertanian yaitu  MSMB. Acara serah terima alat dihadiri oleh para petani di Kabupaten Gunung Kidul. (pae)