Laboratorium Forensik Bukti Elektronik Kemkominfo Telah Terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017

Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan acara Penyerahan Sertifikasi Akreditasi ISO 17025, Senin (21/04/2024)

Jakarta, Ditjen Aptika – Laboratorium Forensik Bukti Elektronik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menerima Sertifikat Akreditasi Laboratorium Penguji SNI ISO/IEC 17025:2017.

Sertifikat ini diserahkan oleh Direktur Akreditasi Laboratorium Komite Akreditasi Nasional (KAN) Praba Drijarkara kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika I Nyoman Adhiarna di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (21/04/2024).

Praba menyampaikan bahwa alat bukti yang sah dalam pengadilan membutuhkan pemastian kualitas dalam penanganan dan pengujian bukti digital, salah satunya dengan cara penerapan standarisasi dan akreditasi terhadap laboratorium yang menjalankan pengujian bukti digital tersebut.

“Sejauh ini KAN telah mengakreditasi sebanyak 17 laboratorium dengan bidang forensik digital. Dan Laboratorium Forensik Bukti Elektronik Kemkominfo adalah yang ke-18. Jadi selamat kepada Kominfo telah menjadi Laboratorium Forensik ke-18 di Indonesia,” ungkapnya.

Direktur Pengendalian Aplikasi Informatika, Teguh Arifiyadi dalam pembukaannya mengungkapkan apresiasi sebanyak-banyaknya terhadap pihak yang telah mendukung proses akreditasi Laboratorium Forensik Bukti Elektronik dan harapannya terhadap Lab forensik Kominfo.

“Keinginan saya bahwa Lab Forensik Kominfo terakreditasi itu sudah dari 2018 sebetulnya, tapi baru bisa terwujud sekarang itu merupakan sebuah prestasi,” tuturnya.

Teguh juga menyampaikan bahwa semakin bertambahnya permintaan dari penegak hukum.

“Semakin hari permintaan pemeriksaan pada lab semakin meningkat, pada awal layanan (2015) lab hanya menerima sekitar 5 permohonan dengan 15 perangkat barang bukti yang diperiksa. Saat ini (tahun 2023) Kementerian Kominfo menerima sekitar 200 permohonan pemeriksaan dengan 466 barang bukti yang diperiksa,” tegasnya.

Selain itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, I Nyoman Adhiarna, menambahkan bahwa hal ini perlu menjadi contoh bagi satuan kerja lain yang berada di lingkungan Kementerian Kominfo.

“Ini saya pikir suatu pencapaian yang sangat bagus dan perlu menjadi contoh untuk satuan kerja yang lain dan selamat kepada Direktorat PAI untuk capaian ini,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua tim kerja Akreditasi Laboratorium Pengujian Perikanan, Elektronika, Teknologi lainnya, dan Penyelenggara Uji Profisiensi Dhandy Arisaktiwardhana, Asessor Komite Akreditasi Nasional Mila, Ketua tim Lab Forensik Syofian Kurniawan, dan tim Laboratorium Forensik Bukti Elektronik Kominfo. (gaf)

Print Friendly, PDF & Email