Kominfo Dorong Masyarakat Wonogiri Tingkatkan Ekonomi Kreatif melalui Pemberdayaan Produk Lokal

Widyaiswara Utama, Dr. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si. bersama dengan para narasumber saat kegiatan Chip In Literasi Digital untuk Masyarakat Komunitas di Kabupaten Wonogiri di Lapangan Platarejo Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Timur, Sabtu (08/07/2023).

Kabupaten Wonogiri, Ditjen Aptika – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong masyarakat Wonogiri untuk meningkatkan ekonomi kreatif melalui pemberdayaan potensi produk lokal. Hal itu dimaksudkan agar dapat mendorong kesejahteraan masyarakat dan setempat.

“Fungsi ekonomi kreatif selain berdampak sosial bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, juga menjadi identitas citra dari bangsa Indonesia itu sendiri. Masyarkat Wonogiri harus bisa melihat potensi dari produk-produk lokal setempat agar nantinya bisa lebih dikembangkan dan disebarluaskan ke seluruh wilayah Indonesia bahkan hingga skala internasional,” ujar Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, Adriana Grahani Firdausy, dalam kegiatan Chip In Literasi Digital untuk Masyarakat Komunitas di Kabupaten Wonogiri di Lapangan Platarejo Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Timur, Sabtu (08/07/2023).

Lihat juga: Sebelum Terjun KKN, Kominfo Bekali Mahasiswa Untidar Ilmu Literasi Digital

Dalam kesempatan yang sama, Widyaiswara Utama, Dr. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si. menyarankan masyarakat Wonogiri untuk bisa memasarkan produk lokalnya melalui media sosial agar bisa menjangkau audiens yang lebih luas lagi di luar wilayah Kabupaten Wonogiri.

“Sebetulnya produk apa saja yang ada disini bisa kita pasarkan, mau itu secara offline atau online. Kalau offline yang membeli kan hanya dari yang orang lewat, tetapi kalau di media sosial yang membeli bisa dari semua orang di Indonesia,” tutur Rosarita.

Rosarita juga menyarankan masyarakat Wonogiri harus tetap bijak dan berhati-hati dalam memasarkan produknya di media sosial untuk mencegah terjadinya kejahatan digital. Ia juga mengingatkan masyarakat mengenai prinsip saring sebelum sharing di media sosial.

Kegiatan Chip In Literasi Digital segmen Masyarakat Umum merupakan rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang bertujuan untuk memberikan literasi tentang teknologi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

Adapun informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fanpage @literasidigitalkominfo, kanal YouTube Literasi Digital Kominfo, dan website literasidigital.id. (ala)

Print Friendly, PDF & Email