Kunci Penting Jadi Content Creator: Kuasai Public Speaking

Soni Mongan selaku Pembicara dalam Talkshow Literasi Digital di Minahasa, Kamis (06/07/2023)

Sulawesi Utara, Ditjen Aptika – Public speaking merupakan kemampuan kunci yang harus dikuasai seseorang jika ingin menjadi content creator. Public speaking sangat berpengaruh terhadap bagaimana pesan akan tersampaikan kepada audience.

Public speaking menjadi salah satu materi dalam 4 pilar literasi digital, yakni pilar digital skill yaitu kemampuan berkomunikasi di media sosial. Ditjen Aptika Kementerian Kominfo mengajarkan 10.000 peserta perkemahan karya pemuda Gereja Masehi Injil Minahasa (GMIM) hal tersebut.

“Kita perlu belajar memahami literasi digital untuk memiliki kemampuan dalam memanfaatkan teknologi digital. Kali ini saya akan menyampaikan mengenai digital skills, khususnya kemampuan untuk berkomunikasi di sosial media,” ujar Content Creator sekaligus Founder Dampak Kreatif, Soni Mongan, saat menjadi narasumber pada acara yang terselenggara di Desa Lolah, Kecamatan Tombariri Timur Tanawangko, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (06/07/2023).

Soni menambahkan bahwa, untuk menjadi content creator, dibutuhkan kemampuan public spaeaking. Selain itu, public speaking berhubungan dengan kemampuan dalam menuturkan cerita atau akrab disebut story telling yang wajib dikuasai untuk menjadi content creator

“Saat kita bikin konten di sosial media, kita menjadi seorang story teller yang menceritakan dan mempromosikan sesuatu. Story teller harus menyampaikan materi dengan baik, benar dan dengan cara yang menarik,” tambah Soni. 

Soni juga memberikan tips untuk memulai membuat konten yang baik. Salah satunya dengan meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

“Terlebih lagi para peserta adalah jemaat Gereja yang sebagian menjadi Worship Leader (WL). Kemampuan berkomunikasi dan kepekaan terhadap situasi pada saat pelaksanaan ibadah menjadi hal yang penting,” tuturnya.

Lihat juga: Sebelum Terjun KKN, Kominfo Bekali Mahasiswa Untidar Ilmu Literasi Digital

Tujuan dari talkshow Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo bersama Siberkreasi dan GMIM tersebut untuk memberikan pemahaman yang kuat tentang penggunaan teknologi digital. Talkshow Literasi Digital bersama Pemuda GMIM merupakan salah satu rangkaian kegiatan Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2023 dengan target 50 juta orang mendapatkan literasi digital hingga tahun 2024.

Adapun informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fanpage @literasidigitalkominfo, kanal YouTube Literasi Digital Kominfo, dan website literasidigital.id. (hdy)

Print Friendly, PDF & Email