HUB.ID Accelerator 2023, Buka Peluang Pendanaan dan Kerja Sama Bisnis Startup Digital

Program HUB.ID.

Jakarta, Ditjen Aptika – Kementerian Kominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika kembali menyelenggarakan program HUB.ID Accelerator di tahun 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan akses pendanaan, kerja sama bisnis dan kemitraan bagi startup digital.

Kegiatan dilakukan melalui berbagai fasilitas seperti business mentoring, business matchmaking, dan networking session dengan investor, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), korporasi, dan sektor pemerintah.

“Pada tahun 2023 ini Kominfo kembali menyelenggarakan program HUB.ID Accelerator, sebuah program yang memiliki fokus untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi, kerja sama bisnis dan investasi bagi startup digital melalui peningkatan jumlah business matchmaking dengan pemerintah, BUMN, korporasi swasta, dan investor,” ujar Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo, I Nyoman Adhiarna di Jakarta, Senin (12/06/2023).

Direktur Nyoman menjelaskan, program ini menargetkan 25 startup digital dengan kriteria pada posisi seeds (tahap Early-Stage) hingga pre-series A. Startup digital yang berhasil terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan pemerintah, BUMN, korporasi swasta, dan investor.

“Kami menargetkan 25 startup digital yang difasilitasi dengan kriteria posisi seeds sampai dengan pre-series A,” jelasnya.

Startup digital yang menjadi sasaran untuk mengikuti program ini berfokus pada sektor Healthtech, Agritech & Fisheries, ESG Related (CleanTech, ClimateTech, dan lainnya), SME Enablers & Logistics, dan Financial Technology.

Startup digital harus memenuhi beberapa persyaratan untuk dapat mengikuti program ini, seperti memiliki status badan hukum di Indonesia dengan kepemilikan minimal 50% oleh orang/perusahaan Indonesia asli, memiliki pendiri (founder) yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan menduduki posisi pimpinan (C-Level), mencapai tahapan post revenue, serta telah menjalankan bisnis selama lebih dari dua tahun.

Lihat juga: Dua Startup Peserta HUB.ID Accelerator 2022 Raih Pendanaan

Sementara itu, Ketua Tim Fasilitasi Business Matchmaking Startup Digital, Luat Sihombing mengatakan, sejak diluncurkan pada tahun 2021, HUB.ID Accelerator telah memfasilitasi 43 startup digital.

“Ada empat startup digital binaan HUB.ID Accelerator 2021 yang mendapat pendanaan yaitu Dagangan, HiPajak, FishLog, dan Ayo Indonesia. Sementara tahun 2022 ada empat startup digital yang mendapat pendanaan yaitu PasarMIKRO, Grouu, Eratani, dan Looyal,” ujarnya.

Luat berharap, program ini bisa membantu menguatkan bisnis startup digital menjadi berkesinambungan. “HUB.ID Accelerator diharapkan menjadi ekosistem bertemunya startup digital dengan mitra bisnis dan investor dan membantu menguatkan bisnis startup digital menjadi berkesinambungan melalui berbagai rangkaian pertemuan bisnis dengan seluruh jejaring (network) yang kami miliki,” pungkasnya.

Rangkaian kegiatan program HUB.ID Accelerator.

Saat ini program HUB.ID Accelerator 2023 telah resmi dibuka pada 12 Juni 2023 dan akan ditutup pada 12 Juli 2023 mendatang. Pendaftaran dilakukan secara daring (online) melalui laman https://hub.id/.

Untuk alur pendaftaran program HUB.ID Accelerator 2023 dan informasi lebih lanjut dapat dilihat pada media sosial Instagram @hub.id. (hth)

Print Friendly, PDF & Email