Walikota Palopo: Literasi Digital Hasilkan Masyarakat yang Cerdas dan Cakap Digital

Foto Bersama Peserta Pekan LIterasi Digital Palopo di Auditorium IAIN Palopo, Selasa (6/9/22).

Palopo, Ditjen Aptika – Walikota Palopo, Judas Amir menyampaikan Pekan Literasi Digital penting untuk mendorong peningkatan pengetahuan TIK masyarakat Indonesia. Menurutnya, literasi digital merupakan sebuah proses persiapan SDM dalam pemanfaatan teknologi baru.

“Proses tersebut diharapkan dapat menghasilkan masyarakat yang cerdas dan cakap menggunakan teknologi digital, serta menggunakan teknologi dengan bertanggung jawab,” katanya di Auditorium IAIN Palopo, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Selasa (6/9/2022).

Menurut Judas, maraknya kejahatan di dunia digital seperti kejahatan siber dan penyebaran berita bohong, akibat masyarakat hanya tahu menggunakan teknologi digital tanpa memahami etikanya.

“Oleh karena itu, pemerintah harus berkolaborasi untuk membekali masyarakat dengan pengetahuan dengan etika dan nilai-nilai kebenaran tanpa meninggalkan nilai-nilai kebudayaan,” tuturnya lagi.

Seperti diketahui, hasil Survei Indeks Literasi Digital Indonesia pada 2021 menempatkan Indonesia di kategori “sedang” dengan angka 3.49 dari 5,00. Hal itu memicu Kemkominfo menyelenggarakan Pekan Literasi Digital dengan materi yang didasarkan pada empat pilar literasi digital.

Walikota Palopo, Judas Amir membuka kegiatan Pekan Literasi Digital Kota Palopo di Auditorium IAIN Palopo (6/9/22).

Wakil Ketua Umum Siberkreasi, Mira Sahid ikut memberikan materi “Mengenal Empat Pilar Literasi Digital” di sesi Obral-Obrol Literasi Digital. Disampaikan, interaksi di media sosial seperti like, comment, dan mention, menjadi sesuatu yang pengguna inginkan.

“Namun dalam dunia digital, kita juga perlu memahami keamanan digital, kecakapan digital, etika digital, dan budaya digital. Sehingga kita tidak hanya mampu mengoperasikan gawai secara baik dan bijak, tapi juga belajar memahami privasi orang lain,” kata Mira.

Lihat juga: Percepatan Pengembangan SDM TIK Milenial Melalui Literasi Digital

Hadir dalam kegiatan tersebut lebih dari 700 peserta perwakilan dari masyarakat dan komunitas di Kota Palopo. Terdapat tiga kelas yang diselenggarakan secara paralel dengan narasumber yang kompeten, yaitu Obral-Obrol Literasi Digital, Kelas Konten Kreator, dan Kelas Asah Digital.

Wakil Ketua Umum Siberkreasi, Mira Sahid menyampaikan materi di sesi Obral-Obrol Literasi Digital (6/9/22).

Pekan Literasi Digital merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. (sap)

Print Friendly, PDF & Email