PKKMB UNBI, Mahasiswa Harus Jadi Inspirasi Bagi Masyarakat Sekitar

Direktur Pemberdayaan Informatika, Bonifasius Wahyu Pudjianto saat memberi sambutan di kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Bali Internasional (UNBI) pada hari Senin (19/9/22).

Denpasar, Ditjen Aptika – Rektor Universitas Bali Internasional (UNBI) mengharapkan mahasiswa UNBI dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitar. Arahan rektor tersebut disampaikan oleh Ketua Yayasan Anugrah Husada Bali Indonesia, I Nyoman Gede Astina saat kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNBI tahun 2022.

“Tema PELITA pada PKKMB 2022 merupakan kepanjangan dari Pembelajar, Elegan, Lincah, Inspiratif, Tangguh, dan Hadir, yang merupakan sebuah harapan agar mahasiswa dan mahasiswi UNBI menjadi pembelajar yang beretika, mampu mendapatkan peluang-peluang di luar kampus, dan menjadi inspirasi bagi sekitar,” katanya saat pembukaan kegiatan PKKMB UNBI 2022 di Aula Universitas Bali Internasional, Denpasar, Bali pada Senin (19/9/2022).

Menindaklanjuti arahan rektor tersebut, dosen program studi psikologi UNBI, Nyoman Trisna Aryanata turut membawakan materi berjudul “Belajar Tidak Hanya Dalam Kelas”. Trisna menyampaikan kepada para mahasiswa baru bahwa banyak peluang yang bisa dapatkan di luar kampus, dengan mengasah soft skill dari kegiatan-kegiatan yang ada di kampus.

Sementara itu Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto menyampaikan bagaimana seharusnya masyarakat informasi memanfaatkan teknologi yang tersedia pada saat ini.

“Di era global ini, kita sebagai masyarakat informasi jangan sampai terkena informasi yang salah. Saring sebelum sharing, jangan terprovokasi, dan jangan terbawa oleh fenomena post-truth,” tegasnya.

Ketua Yayasan Anugrah Husada Bali Indonesia, I Nyoman Gede Astina dan Direktur Pemberdayaan Informatika, Bonifasius Wahyu Pudjianto menyalami mahasiswa baru UNBI (19/9/22).

Selanjutnya Bonifasius menyampaikan bahwa selain memberikan literasi digital kepada masyarakat, pemerintah juga melakukan pembangunan infrastruktur digital agar terjadi pemerataan akses digital, diantaranya dengan meluncurkan Satelit Republik Indonesia (SATRIA) pada tahun 2023.

“Pemerintah akan meluncurkan satelit SATRIA di tahun 2023 mendatang, sehingga diharapkan saudara-saudara di luar pulau Jawa khususnya di bagian pelosok timur dapat memanfaatkan internet melalui satelit,” jelasnya.

Lihat Juga : Workshop Literasi Digital Dorong Masyarakat Lembata Makin Cakap Digital

Kuliah umum pada Kegiatan PKKMB UNBI 2022 juga diisi oleh Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP), I Dewa Raka Sandi, serta dihadiri oleh 400 peserta yang terdiri dari mahasiswa baru, dosen, dan tenaga kependidikan. (sap)

Print Friendly, PDF & Email