Usulan Kemkominfo Buat Sayembara Mesin Pencari ‘Gatotkaca’

Ilustrasi mesin pencari.

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai search engine atau mesin pencari “Gatotkaca” sedang ramai diberitakan media. Setelah sebelumnya Menkominfo, Johnny G. Plate mengatakan bahwa Ia sempat berencana menghadirkan mesin pencari buatan dalam negeri yang dinamai “Gatotkaca” tersebut dalam podcast bersama Deddy Corbuzier pada Rabu (3/8/2022).

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan rencana tersebut patut untuk didukung dan diapresiasi. Heru menyarankan Kemkominfo mengadakan sayembara bagi anak bangsa untuk membuat mesin pencari tersebut.

“Kalau saya (jadi) Menkominfo sih saya akan bikin sayembara siapa yang bisa membuat search engine, media sosial, pesan instan asli lokal, dan lainnya,” kata Heru dikutip dari Bisnis.com, Minggu (7/8/2022).

Menurutnya, rencana tersebut serba mungkin apabila ada dorongan besar dari pemerintah dengan langkah cepat serta menyerap peran anak bangsa secara maksimal.

Kemkominfo Jajaki Kerjasama Sektor Digital dengan Hungaria

Isu lain yang sedang diberitakan media yaitu pembahasan kerjasama antara Kemkominfo dengan Hungaria. Kerjasama tersebut meliputi sektor teknologi hingga talenta digital.

Dikutip dari Bisnis.com pada Sabtu (6/8/2022), Menteri Johnny mengatakan ia bersama Duta Besar Hungaria untuk Indonesia, H. E. Lilla Karsay membahas kerjasama sektor digital baik infrastruktur digital maupun ruang digital hilir. Misalnya terkait cyber security, talenta digital, hingga teknologi-teknologi baru seperti 5G.

Johnny menambahkan, kerjasama ini dilakukan karena Indonesia saat ini sedang giat-giatnya melakukan akselerasi transformasi digital. (frs)

Print Friendly, PDF & Email