KKN UNU NTB, Tingkatkan Potensi Desa dengan Literasi Digital

Koordinator Literasi Digital Sektor Pendidikan, Bambang Tri Santoso (tengah) pada saat kegiatan Literasi Digital KKN UNU di Desa Gunung Sari, Lombok Barat, Senin (8/8/2022)

Lombok, Ditjen Aptika – Kementerian Kominfo mengadakan kegiatan literasi digital melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat (UNU NTB). Kegiatan dilaksanakan pada 8-9 Agustus 2022 di 10 desa yang tersebar di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Kota Mataram.

Berdasarkan hasil Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia tahun 2021, disebutkan Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3,49 dari 5,00. Kegiatan literasi digital di NTB selain merespon hasil survei tersebut, juga meningkatkan kemampuan masyarakat desa dalam pemanfaatan internet.

Kadis Kominfo Lombok Barat, Ahad Legiarto (berdiri) pada kegiatan literasi digital KKN UNU di Desa Gunung Sari, Lombok Barat (8/8/2022)

Kepala Diskominfo Lombok Barat, Ahad Legiarto dalam materinya tentang “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digitalisasi Berbasis Potensi Desa” menekankan perlunya menggali sumber daya alam dan sumber daya manusia di Desa Gunung Sari.

“Anak-anak muda bisa mengemas supaya ada daya tarik ke desa. Teman-teman KKN diharapkan langsung turun ke desa, menggali potensi yang ada di desa, untuk kemudian mem-branding-nya melalui internet,” tegas Ahad di Desa Gunung Sari, Lombok Barat, Senin (8/8/2022).

Lihat juga: Tingkatkan Pelayanan Publik, Kominfo Beri Literasi Digital bagi ASN di Jawa Tengah

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Kelurahan Tanjung Sari, Kota Mataram. Kepala Diskominfo Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa menyampaikan penyediaan Wi-Fi gratis di berbagai titik agar dimanfaatkan masyarakat untuk mengembangkan pariwisata serta ekonomi kreatif di Kota Mataram.

“Kehadiran Internet memberikan banyak kemudahan, tinggal bagaimana kita jeli dan kreatif dalam memanfaatkannya. Internet membuat dunia seakan tanpa batas,” ungkapnya Senin (8/8/2022).

Kadis Kominfo Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa (berdiri) pada kegiatan literasi digital di Kelurahan Tanjung Sari, Mataram (8/8/2022).

Kegiatan Literasi Digital KKN UNU NTB menjadi rangkaian kegiatan dari program Indonesia Makin Cakap Digital yang diselenggarakan oleh Kemkominfo bersama UNU dan Pandu Digital Wilayah NTB. Program memberikan literasi teknologi digital melalui tiga sektor, yaitu pendidikan, masyarakat umum/komunitas, dan pemerintahan. (sap)

Print Friendly, PDF & Email