Dukung Perkembangan Esports, Kominfo Ingin Developer Game Bernuansa Indonesia

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, saat acara Ignition Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, di Nusa Dua Bali, Sabtu (25/09/2021).

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai esports ramai diberitakan media selama 24 jam terakhir. Media mengangkat pernyataan Dirjen Aptika, Semuel A. Pangerapan mengatakan pemerintah khususnya Kominfo sangat mendukung penuh pertumbuhan industri game dan esports di Indonesia.

Kominfo tengah berupaya untuk mendorong lebih banyak lahirnya developer atau pengembang gim lokal dalam industri gim dan esports.

“Kominfo sedang mengkaji hal ini. Kalau startup kan sudah punya program, kita ingin buat konsep yang sama yaitu membantu anak-anak muda di Indonesia bisa mengembangkan game dan mendapatkan banyak pengguna,” kata dia yang dikutip dari Suara.com, Rabu (27/10/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan para developer lokal diharapkan dapat menciptakan gim dengan karakter dan nuansa yang kental akan tanah air.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Kolaborasi dengan Surge India

Dirjen Aptika, Semuel A Pangerapan, saat Peluncuran Buku Founder Starter Pack | Gerakan Nasional 1000 Startup Digital & Sequoia Surge (27/10/2021).

Isu mengenai Gerakan Nasional 1000 Startup Digital juga ramai diberitakan media setelah ramai adanya kolaborasi dalam pelaksanaan gerakan tersebut.

Kemendikbudristek, Kemkominfo dan Sequoia berkolaborasi dalam Gerakan Nasional 1000 Startup Digital untuk membekali pengusaha generasi baru di Indonesia dengan pengetahuan dan bimbingan yang dibutuhkan dalam memulai dan mengembangkan usaha mereka.

Fokusnya adalah membangun topik-topik yang berhubungan dengan startup dan kewirausahaan menjadi modul untuk kurikulum perguruan tinggi dan menyediakan bimbingan untuk para mahasiswa yang ingin memulai usaha mereka sendiri.

“Dalam membentuk ekosistem digital yang inklusif, tentunya pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. Kami menyambut baik inisiatif dari Sequoia melalui Surge untuk membuat buku yang dapat menjadi panduan bagi startup founder, yaitu Founder Starter Pack,” jelas Dirjen Aptika, Semuel A. Pangerapan. (pag)

Print Friendly, PDF & Email