Indiskop Festival 2021, Siberkreasi Ikut Berikan Literasi Digital lewat Film

Direktur Pemberdayaan Informatika, Bonifasius Wahyu Pudjianto dalam pembukaan Indiskop Festival 2021, Sabtu (07/08/2021).

Jakarta, Ditjen Aptika – Kementerian Kominfo melalui Siberkreasi memberikan edukasi literasi digital kepada masyarakat melalui berbagai media, termasuk dalam bentuk film.

“Film menjadi salah satu cara penyampaian literasi digital untuk memberikan konten positif di ruang digital. Selain itu, edukasi melalui film juga mampu menciptakan ekosistem perfilman yang lebih kreatif, produktif, dan nilai tambah untuk Indonesia,” kata Direktur Pemberdayaan Informatika, Bonifasius Wahyu Pudjianto dalam pembukaan Indiskop Festival 2021 secara daring, Sabtu (07/08/2021).

Lanjut Bonifasius, untuk memberikan literasi digital perlu kolaborasi dengan berbagai pihak. Kemkominfo pun bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dan Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) untuk menyelenggarakan Indiskop Festival.

“Di Indiskop Festival tahun ini ada kelas literasi digital yang bisa diikuti dengan harga terjangkau,“ ujarnya.

Pria yang akrab disapa Boni itu berharap kegiatan tersebut bisa membantu masyarakat meningkatkan kemampuan dan kreativitas di bidang perfilman yang berisi konten positif.

Lihat juga: Menkominfo: Isi Ruang Digital dengan Karya Seni Dalam Negeri

Ketua Siberkreasi, Yossi Mokalu (kanan) dalam acara pembukaan Indiskop Festival 2021 (7/8).

Sementara itu Ketua Siberkreasi, Yossi Mokalu mengatakan bahwa kegiatan tersebut menjadi bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital. “Saya yakin kalau kegiatan ini salah satu kegiatan yang memberikan literasi digital untuk masyarakat,” katanya.

Pria yang merupakan pekerja kreatif ini menjelaskan bahwa Siberkreasi memiliki misi untuk meningkatkan ekosistem yang sehat di ruang digital dengan konten yang positif.

“Dengan Siberkreasi menjadi bagian dari pelatihan tentu harapannya konten-konten yang kurang baik bisa berkurang, khususnya pada film,” jelasnya.

Ia menambahkan sebagai salah satu kegiatan yang berbasis digital, harapannya dapat memberikan semangat dan ruang bagi pekerja film yang terdampak pandemi.

Lihat juga: Instalasi Seni jadi Cara Baru Penyampaian Literasi Digital

Yossi juga menjadi mentor dalam kelas literasi digital yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2021. Selain kelas literasi digital, ada 11 kelas lainnya yang dapat diikuti masyarakat dengan mengakses indiskop.id. (pag)

Print Friendly, PDF & Email