Implementasi Smart City, Percepat Pemerintahan Digital di KPPN dan IKN Baru

Menkominfo Johnny G Plate (tengah) bersama Dirjen Aptika Semuel A Pangerapan (kanan) dan Direktur LAIP Bambang D Aanggono (kiri) saat penandatanganan Nota Kesepahaman Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (20/5).

Jakarta, Ditjen Aptika – Kementerian Kominfo menjalin kesepakatan untuk mempercepat implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City). Penandatanganan kesepakatan antara Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan dengan 48 kepala daerah dari Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional (KPPN) dan Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Baru, disaksikan langsung Menteri Kominfo Johnny G. Plate.

“Penandatangan Nota Kesepahaman ini menjadi langkah nyata untuk menjamin kolaborasi lintas sektor terutama terkait implementasi masterplan rencana induk kota cerdas pada KPPN,” ujar Menteri Johnny usai menyaksikan penandatanganan Nota Kesepakatan di Senayan, Jakarta, Kamis (20/05/2021).

Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Ditjen Aptika, Bambang Dwi Anggono menyatakan penandatanganan kesepakatan itu merupakan bukti nyata dukungan Kementerian Kominfo atas kebijakan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan KPPN dan IKN Baru sebagai kawasan yang memiliki kemampuan kota cerdas.

“Kami disini mendukung dan membantu pemerintah daerah khususnya daerah KPPN dan IKN Baru untuk menyusun Masterplan Smart City. Sehingga mendorong kawasan pariwisata prioritas menjadi kawasan yang berkelas global dengan kearifan lokal,” jelasnya.

Direktur Bambang menjelaskan penandatanganan itu menjadi bagian dari Program Gerakan Menuju 100 Smart City yang telah dimulai Kementerian Kominfo bersama dengan kementerian dan lembaga sejak tahun 2017.

“Saat ini berlanjut pada KPPN dan IKN baru. Dari 51 kabupaten dan kota yang masuk dalam 10 KPPN, info Bambang, ada 45 kota yang berpartisipasi secara aktif pada penandatanganan Nota Kesepahaman ini. Sementara itu tiga lainnya merupakan kabupaten pada IKN baru,” tuturnya.

Daftar kabupaten/kota yang menandatangani Nota Kesepahaman Implementasi Smart City (20/5).

Program Smart City yang dilaksanakan Kementerian Kominfo bersama kementerian dan lembaga lain menekankan fokus pembangunan pada 6 Pilar Utama Kota Cerdas, yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.

Peringatan ke-113 Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2021, selain menjadi tonggak percepatan implementasi  Gerakan Menuju Smart City, juga menjadi momentum Peluncuran Program Literasi Digital Nasional “Indonesia Makin Cakap Digital”. (lry)

Print Friendly, PDF & Email