Tiga Matriks Penting untuk Kembangkan Startup

Peserta 1000 Startup Digital saat Mengikuti Inkubasi lewat Aplikasi Zoom (04/04/20).

Jakarta, Ditjen Aptika – Inkubasi 1000 Startup Digital tetap dilakukan secara daring. Tahapan inkubasi pertama telah dilaksanakan, dengan mengangkat materi Startup’s Most Important Metrics.

“Terdapat tiga matriks penting yang dapat digunakan untuk mengembangkan startup. Diantaranya yaitu penggunaan Unique Selling Proposition, Net Promoter Score, dan retensi,” jelas Co-founder dan CTO Jojonomic Abdul Qifli Sangadji, saat menyampaikan materi inkubasi daring pada aplikasi Zoom (04/04/20).

Abdul melanjutkan, Unique Selling Proposition (USP) merupakan salah satu langkah untuk mengembangkan startup. Pada USP, startup dapat membuat ciri khas atau pembeda dengan yang lain. Hal ini dapat membuat startup bertahan dan bersaing dengan kompetitor.

“Sedangkan Net Promoter Score (NPS) adalah matriks yang bisa digunakan untuk menyebarkan pemasaran produk. NPS adalah survei kepuasan pelanggan dan indikator untuk mengetahui apakah pelanggan dapat merekomendasikan produk kepada orang lain,” ungkap Abdul.

Abdul menjelaskan, apabila nilai NPS startup di atas nol atau di atas 50 maka startup memiliki timbal balik yang baik. Namun apabila kurang dari itu atau memiliki angka minus, startup harus meningkatkan produknya atau menggunakan matriks USP lagi.

“Terakhir ada retensi atau penggunaan produk secara berkelanjutan. Maksudnya, pelanggan tidak hanya sekali menggunakan produk pada suatu startup. Penggunaan produk secara berkelanjutan menunjukan bahwa produk dibutuhkan dan disukai,” jelas Abdul.

Startup dapat membuat cara masing-masing untuk meningkatkan retensi pelanggan pada produknya. “Hal ini diperlukan saat awal startup berdiri,” terang Abdul.

Baca Juga: Survei Aptika untuk Pengembangan Startup dan Ekosistem Digital

Sebelum inkubasi daring tersebut dimulai, peserta diberikan referensi bacaan yang dijadikan bahan materi oleh Abdul dan mentor lainnya untuk menambah informasi.

Pemberian materi inkubasi 1000 Startup Digital secara daring berjalan interaktif. Diikuti oleh 107 startup dari sepuluh kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, Pontianak, Makassar, Medan dan Denpasar. Peserta mengajukan pertanyaan melalui Slido dan chat pada aplikasi Zoom.

Inkubasi 1000 Startup Digital daring dilakukan tiga tahap. Tahap inkubasi selanjutnya dilaksanakan pada tanggal 18 sampai 19 April dengan mentor Nendra Rengganis (Director Hipwee) dan Hiro Whardana (Head of Corporate Affairs Northstar Group), serta 25 sampai 26 April 2020 dengan mentor Sonny Rachmadi (Director RUN System) dan Ivan Lalamentik (Founder Lexar.id). (pag)