Aplikasi Google Bisnisku Bantu UMKM Online Berkembang

Tangkapan layar Bukalapak Kelas Online dengan tema Strategi Online Marketing bersama Google (16/04).

Jakarta, Ditjen Aptika – Google Bisnisku merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan para pelaku UMKM online untuk dapat mengembangkan usahanya di dunia maya. Setidaknya ada delapan fitur yang dapat dimanfaatkan di aplikasi tersebut.

“Bagi para pelaku UMKM yang baru merambah dunia digital atau online, aplikasi Google Bisnisku sangat membantu untuk pengembangan usahanya. Google Bisnisku merupakan aplikasi gratis yang mudah digunakan untuk mengatur keberadaan suatu bisnis dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan potensial secara online di Google search maupun maps,” jelas Fasilitator Google Gapura Digital, Charisma Wibowo, saat acara Bukalapak Kelas Online dengan tema Strategi Online Marketing bersama Google, yang ditayangkan secara langsung melalui Webinar, Kamis (16/04/2020).

Charisma juga menyebutkan, keuntungan lain menggunakan aplikasi Google Bisnisku yaitu memberikan informasi yang aktual kepada pelanggan, memungkinkan interaksi online dengan pelanggan, optimalisasi bisnis, serta pembaharuan profil bisnis yang lebih mudah.

Aplikasi ini sejalan dengan program dari Ditjen Aptika Kominfo yang melakukan digitalisasi kepada UMKM untuk dapat go online. Setelah para UMKM bertransformasi menjadi UMKM online, maka tahap selanjutnya ialah bagaimana mereka bisa berkembang (scale up).

Baca juga: Hadapi Pandemi Covid-19, Bukalapak Buka Kelas Online

Dalam kesempatan itu, Charisma juga menjelaskan fitur-fitur pada aplikasi Google Bisnisku yang dapat dimanfaatkan oleh para UMKM online untuk mengembangkan usahanya, seperti:

  1. Profile Bisnis, merupakan informasi yang akan muncul pada halaman hasil pencarian, yang terdiri dari informasi seperti nama, alamat, informasi kontak, jam operasional. Informasi ini sangat penting karena merupakan hal pertama yang dilihat oleh calon pelanggan.
  2. Foto, berguna untuk menampilkan gambar yang berhubungan dengan suatu bisnis, seperti foto interior, exterior, produk, logo. Foto sangat penting karena bisa membuat tampilan lebih menarik, memberikan contoh kepada calon pelanggan dan meningkatkan kepercayaan mereka.
  3. Situs, setiap pengguna mendapatkan situs gratis dengan layanan alamat situs: (nama usaha).business.site.
  4. Postingan, membantu mempromosikan produk langsung ke penelusuran Google dan maps. Postingan dapat menampilkan teks, foto atau video yang sesuai agar dapat menarik lebih banyak pelanggan.
  5. Ulasan pelanggan, memungkinkan pelanggan untuk memberikan penilaian atas produk yang dimiliki dan membangun komunikasi antara penjual dan pembeli.
  6. Pemberitahuan, memberikan notifikasi jika ada aktivitas dari pengguna, seperti review pelanggan, komentar pelanggan, dan laporan pelanggan.
  7. Pesan, merupakan fitur terbaru dari Google Bisnisku yang memudahkan pelanggan untuk mengirimkan pesan penjual.
  8. Laporan, dapat digunakan pelanggan untuk mengikuti informasi mengenai promo dan kegiatan apa saja yang sedang berjalan atau akan ada.

Langkah-langkah menggunakan aplikasi Google Bisnisku.

Pada akhir penjelasan Charisma menjelaskan langkah-langkah menggunakan aplikasi Google Bisnisku seperti gambar di atas. Langkah-langkah tersebut juga dapat dilihat secara lebih jelas melalui video pada tautan bit.ly/videodaftarGMB.

Acara Bukalapak Kelas Online merupakan wadah pembelajaran bagi para UMKM di Indonesia untuk tetap dapat mengembangkan usahanya ditengah pandemi Covid-19. Acara ini berlangsung setiap minggu dengan menghadirkan berbagai narasumber yang berbeda. (lry)

Print Friendly, PDF & Email