Gerakan Menuju 100 Smart City Langkah Awal Wujudkan Digital Nation

Sambutan Menkominfo Johnny G. Plate saat pemberian penghargaan Gerakan Menuju Smart City 2019.

Jakarta, Ditjen Aptika – Menkominfo Johnny G. Plate mengapresiasi 25 kota / kabupaten yang telah berhasil menyelesaikan masterplan smart city.

“Saya melihat Gerakan Menuju 100 Smart City adalah awal yang baik untuk mewujudkan mimpi bangsa ini menjadi digital nation”, kata Bang Johnny panggilan Menkominfo Johnny G. Plate pada sambutan pemberian penghargaan Gerakan Menuju Smart City tahun 2019 di Balai Sudirman Jakarta, Rabu (6/11).

“Pekerjaan rumah selanjutnya adalah memperluas cakupan inovasi smart city ke kota dan kabupaten yang belum terpilih pada gerakan smart city ini. Untuk itu diperlukan kolaborasi seluruh stakeholder baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta pelaku industri,” lanjut Menkominfo.

Lihat Juga: BumilKu, Aplikasi Unggulan Ibu Hamil untuk Smart City

Pemberian penghargaan Gerakan Menuju 100 Smartcity tahun 2019 diberikan kepada 25 kota / kabupaten yang telah berhasil menyelesaikan masterplan smart city. Berikut daftar kota / kabupaten tersebut:

  1. Kota Banda Aceh
  2. Kota Magelang
  3. Kota Batu
  4. Kota Kediri
  5. Kota Madiun
  6. Kota Tanjung Pinang
  7. Kota Depok
  8. Kota Jayapura
  9. Kota Ambon
  10. Kota Bontang
  11. Kota Cilegon
  12. Kota Balikpapan
  13. Kota Kupang
  14. Kabupaten Banyumas
  15. Kabupaten Klaten
  16. Kabupaten Situbondo
  17. Kabupaten Tangerang
  18. Kabupaten Sragen
  19. Kabupaten Demak
  20. Kabupaten Kebumen
  21. Kabupaten Banjar
  22. Kabupaten Gunung Kidul
  23. Kabupaten Wonosobo
  24. Kabupaten Tabalong
  25. Kabupaten Padang Pariaman

Mengawali pemberian penghargan ini dilakukan evaluasi pelaksanaan masterplan smart city kepada 75 kota / kabupaten yang telah terpilih sejak tahun 2017-2018. Bersamaan dengan itu juga dilaksanakan pameran pelaksanaan smart city yang menampilkan inovasi berupa aplikasi smart city dan produk-produk unggulannya. (nvz)