Sail Nias 2019 Ajak Masyarakat Parsitipatif Melalui Media

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Ditjen IKP, Septriana Tangkary (kedua dari kiri) menjelaskan Sail Nias 2019.

Jakarta, Ditjen Aptika – Acara Sail Nias 2019 dengan tema “Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia” melibatkan kaum milenial untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Salah satunya mendokumentasikan kegiatan wisata di Nias yang belum diketahui publik.

“Kami mengajak muda-mudi untuk menulis, memotret dan memposting ke media mengenai apa yang ada di Nias, terutama terkait yang ada pada Sail Nias 2019,” ucap Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman, Septriana Tangkary dalam wawancara bersama Tok Tok Kominfo di Gedung Kominfo Jakarta, Selasa (11/06/19).

Septriana menjelaskan, Sail Nias 2019 membidik masyarakat usia milenial untuk berpartisipasi mempromosikan pariwisata di Indonesia yang belum banyak diketahui publik. Selain itu, Nias juga dinilai memiliki berbagai potensi destinasi wisata berkelas dunia.

“Kemkominfo bekerja sama dengan Kemenko Kemaritiman mengundang masyarakat milenial lokal yang berpengaruh, seperti influencer, blogger, dan vlogger untuk mendokumentasikan apa saja yang ada di Nias 2019 tersebut agar tersebar dan diketahui dengan cepat,” ujar Septriana.

Menurutnya tindakan ini baik untuk dilakukan melihat antusias masyarakat terhadap kegiatan influncer, blogger, dan vlogger yang tinggi.

Selain mengundang masyarakat lokal, masyarakat luar daerah dan mancanegara juga diharapkan dapat ikut berpartisipasi menyebarkan dokumentasi dalam bentuk tulisan, foto, dan video. Septriana berharap upaya tersebut dapat meningkatkan tingkat pariwisata di Nias khususnya saat Sail Nias 2019.

Sail Nias 2019 dibuka untuk umum dengan 18 kegiatan yang telah dilaksanakan sejak bulan Juni hingga September mendatang. Beberapa kegiatan yang ada di Sail Nias 2019 yaitu Wind Surfing and Sailing, Free Diving Competition, dan Festival Lompat Batu Kepulauan Nias.

Lalu ada Parade Kapal Nelayan Tradisional, Gebyar Kopi, Fishing Tournament Sail Nias, Wonderful Foto Tourism Expo, dan Pagelaran Budaya Kesenian Kolosal. Acara puncak berupa Bakti Sosial Surya Baskara Jaya TNI AL tanggal 19 September 2019 di Teluk Dalam Nias Selatan. (pag)