Lambe Hoax Episode 2, dari “Lintah dalam Kangkung” hingga “10 Years Challenge adalah Yahudi”

Jakarta, Ditjen Aptika – Tayangan Miss Lambe Hoax Episode 2 menyampaikan 10 Top Hoax yang beredar selama sepekan ini, mulai dari kabar adanya lintah dalam sayuran kangkung hingga arti tren 10 Years Challenge adalah Yahudi.

Berikut 10 Top Hoax dari Miss Lambe Hoax, edisi Kamis (31/01/2019):

  1. Postingan video di media sosial berisi himbauan pada masyarakat agar berhati-hati saat memasak sayur kangkung karena bisa jadi ada lintah yang bersembunyi dalam batangnya. Faktanya video tersebut diambil saat operasi tumor di tenggorokan seorang wanita dan dokter tidak menemukan tumor seperti diagnosa melainkan lintah yang masih hidup.
  2. Adanya pesan berantai via WhatsApp mengatasnamakan Satuan Anti Narkoba Polres Tangerang tentang beredarnya obat baru yang bernama prosterex, obat kecil yang digunakan untuk mensterilisasi dan biasa digunakan oleh pelaku untuk memperkosa korban. Faktanya satuan anti narkoba tidak pernah menyebarkan informasi terkait obat prosterex tersebut.
  3. Postingan di Facebook bahwa transaksi tol non tunai sengaja digunakan untuk membayar utang pembangunan infrastruktur ke China. Faktanya kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menegaskan sistem transaksi non tunai merupakan bagian dari Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang disepakati Bank Indonesia dengan Kementerian PUPR pada tanggal 31 Mei 2017.
  4. Postingan di Facebook dengan caption Wiranto akan melakukan kecurangan terhadap perhitungan suara, berisi sebuah video yang memperlihatkan pimpinan partai Hanura bicara blak-blakan terkait kecurangannya. Faktanya video tersebut adalah konferensi pers Partai Hanura pada tanggal 6 juli 2018 di The City Tower, Menteng yang mempermasalahkan Wiranto menggunakan kekuasaannya untuk mengintervensi kepengurusan Partai Hanura, bukan mengenai masalah perhitungan suara oleh KPU.
  5. Postingan Facebook mengunggah narasi bernada SARA tentang calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, dalam postingan tersebut dikatakan bahwa Prabowo Subianto adalah keturunan China dan beragama Kristen. Faktanya Prabowo merupakan anak ketiga dan putra pertama dari Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Soemitro. Prabowo juga menegaskan bahwa ia beragama Islam meskipun saudaranya beragama Katolik.
  6. Beredar artikel berita yang menyebutkan bahwa BPK menyatakan adanya kebocoran anggaran proyek infrastruktur di era pemerintahan Jokowi-JK senilai Rp 44 triliun. Faktanya kebocoran proyek infrastruktur sejumlah Rp 44 triliun lebih yang dimaksud merupakan akumulasi Ikhtisar Hasil Pemeriksaan (IHPS) Tahun 2003 hingga 2017. Anggota BPK Rizal Djalil mengatakan BPK belum melakukan pemeriksaan anggaran tahun 2018 karena pemeriksaan itu baru akan dilakukan di tahun 2019 ini.
  7. Beredar kabar bahwa memasak mie instan langsung dengan bumbunya akan menyebabkan penyakit kanker. Faktanya pakar nutrisi Jansen Ongko menyebutkan bahwa MSG jika dimasak di atas suhu 120 derajat celcius akan berpotensi menjadi karsinogen alias pencetus kanker, padahal titik didih airnya hanya 100 derajat celcius, kecuali menggunakan minyak yang titik didihnya mencapai 200 derajat celcius.
  8. Beredar di media sosial makna dari 10 years challenge yang ditafsirkan dengan arti 10 = aku, years = adalah dan challenge = Yahudi, jadi kalau digabungkan menjadi: aku adalah Yahudi. Faktanya 10 years challenge memiliki arti tantangan 10 tahun. Menurut Psychology Today, 10 years challenge memiliki berbagai manfaat seperti meningkatkan mood dan menghubungkan kita dengan orang lain.
  9. Beredar pesan berantai di media sosial yang mengatas namakan BMKG, akan terjadi gempa susulan dan masyarakat diharapkan keluar rumah nanti malam. Isu tersebut merupakan isu lama yang disebarluaskan kembali dan meresahkan warga Jawa Barat dan sekitarnya. Faktanya BMKG dalam siaran persnya menegaskan bahwa berita tersebut tidak benar dan BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut. Hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi dengan tepat, kapan, dimana, dan berapa kekuatan gempa yang akan terjadi.
  10. Beredar berita yang menerangkan bahwa kode warna pada kemasan pasta gigi memiliki arti kandungan zat yang berbeda-beda. Kode warna yang dimaksud adalah kotak kecil yang berada di pinggir kemasan yang berupa warna merah, hitam, hijau dan biru. Dalam pesan tersebut mengatakan bahwa tiap kode warna memiliki kandungan zat yang berbeda-beda. Faktanya Ketua persatuan dokter gigi Indonesia (PDGI) Hananto Seno menerangkan bahwa kode warna pada kemasan pasta gigi tidak memberi pengaruh apapun secara khusus pada komposisi kandungannya.

“Generasi anti hoax mari lebih cermat dalam memilah dan memilih informasi, dan jangan lupa untuk saring sebelum sharing agar dunia maya kita lebih kondusif,” ajak Miss Lambe Hoax. Instagram resmi Lambe Hoax adalah @misslambehoaks yang sudah verified. Jangan terkecoh akun palsu misslambehoax yang banyak bertebaran di media sosial meskipun penayangannya baru dua pekan. (lry)