KominfoNext #IndonesiaConnected, Tekad Kominfo Mengubah Pola Pikir ASN

Acara KominfoNext #IndonesiaConnected di Hall Basket Senayan Jakarta (Leski Rizkinaswara)

Jakarta, Ditjen Aptika – Kementerian Kominfo menggelar acara bertajuk KominfoNext #IndonesiaConnected pada Kamis, 31 Januari 2019, acara tersebut merupakan acara temu kerja seluruh sivitas Kementerian Kominfo yang diselenggarakan dalam berbagai rangakaian acara. Tema KominfoNext diambil karena merupakan wujud dari pola pikir yang melampaui era saat ini, menatap masa depan dan melihat “What’s Next?”

“Saya berharap dengan diadakannya acara KominfoNext ini para ASN yang ada di lingkungan Kementerian Kominfo dapat melakukan perubahan yang lebih baik ke depannya terutama dalam menyambut era ekonomi digital dan saya juga yakin para ASN di Kominfo jauh lebih banyak yang berkualitas dan produktif daripada yang tidak,” ucap Menteri Kominfo Rudiantara saat memberikan arahan pada acara KominfoNext, di Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis (31/01/2019).

Menurut Rudiantara, inti dari pola pikir KominfoNext itu ada empat, pertama adalah menyiapkan diri menghadapi perubahan, sustainability, bagaimana program yang ada di Kominfo dapat terus berlanjut.

Kedua menjaga ekosistem, jangan berpikir kita yang paling hebat dan paling tahu, namun kita harus senantiasa mencari tahu. Ketiga kembangkan sumber daya manusia, seperti contoh tahun ini Kominfo memiliki program digital talent.

“Keempat buang jauh-jauh pola pikir bahwa pemerintah hanya sebagai regulator, pemerintah juga harus bisa menjadi fasilitator bahkan lebih jauh menjadi akselerator khususnya hal yang berkaitan dengan ekonomi digital,” tegas Rudiantara.

Di sela-sela arahannya Rudiantara juga berusaha membuat suasana mencair dengan sesekali meneriakan yel-yel yang membakar semangat dan memerintahkan para peserta dari berbagai satuan kerja untuk saling berbaur dan bertukar tempat.

Pria yang akrab disapa Chief RA itu mengatakan makna dari arahan tersebut bahwa para ASN yang ada di Kominfo harus siap kapanpun menghadapi perubahan, akan lebih baik lagi jika kita bisa mengantisipasi perubahan tersebut, karena kita tidak bisa menolak dan menahan adanya perubahan.

Acara KominfoNext ini juga dimeriahkan oleh penampilan modern dance serta berbagai yel-yel atraktif dan inovatif yang dipersembahkan masing-masing satuan kerja yang di Kominfo, seperti Sekjen, Itjen, Ditjen Aptika, Ditjen PPI, Ditjen SDPPI, Ditjen IKP, Balitbang, dan BAKTI.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian sejumlah penghargaan, yaitu penghargaan pelaksanaan anggaran dan BMN terbaik dan penghargaan ASN teladan Kominfo. Disertai sejumlah peluncuran yaitu Lambe Hoax dan Majalah KominfoNext, seragam baru Kominfo yang bergaya milenial, serta peluncuran maskot Mas KIP dan Mba KIP.

Peluncuran majalah KominfoNext dan seragam baru berlogo KominfoNext menunjukkan tekad Kominfo agar para ASN-nya memiliki pola pikir KominfoNext.

Acara KominfoNext ditutup dengan makan siang bersama dan berbagai acara hiburan, diantaranya penampilan standup comedy oleh komika Ridwan Remin, Duo Ungu Onci dan Enda, serta pemberian doorprize(lry)

Galery Foto Acara KominfoNext #IndonesiaConnected:

launching majalah kominfonext
launching majalah kominfonext
« 1 of 10 »