Edukasi Pelaku Usaha Melalui Gerakan UMKM Go Online

Dirjen Aplikasi Informatika sapa pedagang di Pasar Tebet Timur

Jakarta, Kominfo – Pemerintah secara resmi merilis Gerakan UMKM Go Online Kementerian Kominfo di Pasar Tebet Timur, Jakarta. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pemasaran berbasis online. Dalam gerakan ini bukan hanya pemilik toko di pasar tradisional yang menjadi target, namun juga penjual gerobak keliling.

“Kita lagi jelaskan ke pemilik toko kalau ada yang tertarik produknya dijual secara online. Ini kan mereka punya toko offline-nya, jadi kalau punya toko online, mereka gak hanya nunggu pembeli yang di sini tapi juga bisa pembeli di seluruh Indonesia,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam program Tok Tok Kominfo di Pasar Tebet, Jakarta, Selasa (26/02/2019).

Samuel juga menyebutkan bahwa gerakan ini juga merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat melalui transformasi digital melalui pemanfaatan gadget dan handphone oleh masyarakat.

“Saat ini kan masyarakat punya alat (smartphone) yang sangat powerful, tapi terkadang masih salah menggunakannya, kita bisa belajar dari smartphone kita karena banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa kita manfaatkan dengan baik, salah satunya dengan berdagang melalui online,” ucap Semuel.

Dalam acara ini juga dilakukan pengukuhan Pandi Digital oleh Dirjen Aplikasi Informatika. Para pandu ini bertugas mengajarkan pelaku UMKM agar dapat menambah ilmu dan pengalaman terkait penjualan online. Pandu digital menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk mengedukasi masyarakat agar siap menjadi cyber society. (viska)

Print Friendly, PDF & Email