Gojek Tembus Pasar Thailand

Launching Gojek di Thailand dihadiri oleh Menteri Kominfo (kanan) dan CEO Gojek Nadime Makarim (kedua dari kanan)

Jakarta, Ditjen Aptika – Setelah berhasil ekspansi ke Vietnam dan Singapura, kali ini gojek melebarkan sayap bisnisnya ke Thailand dengan nama Get. Ekspansi internasional Gojek bertujuan agar teknologi yang telah dikembangkan dapat membawa manfaat lebih luas bagi masyarakat di Indonesia dan Asia Tenggara.

“Saya atas nama pemerintah bangga perusahaan Indonesia bisa jadi multinational company, ini menunjukan kalau perusahaan Indonesia dapat dipercaya di dunia internasional. Model bisnis Gojek yang berbasis teknologi bukan berbasis aset (model konvensional) memudahkan Gojek untuk mengembangkan bisnisnya ke luar negeri, Gojek baru empat tahun, kalau konvensional tidak mungkin bisa secepat itu,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat acara Grand Launching Get di Event Plaza Siam Square, Bangkok, Rabu (27/02/2019).

“Pemerintah jelas mendukung, dengan dinamika teknologi yang cepat. Saya juga selalu mendorong kerja sama antara negara-negara Asia Tenggara karena kalau enggak, negara dari regional lain bisa masuk,” lanjut Rudiantara.

Co-Founder dan Chief Executive Officer Get Thailand Pinya Nittayakasetwat mengatakan bahwa permintaan konsumen di sektor transpotasi berbasis online cukup tinggi. Hal itu terlihat dari kinerja GET yang telah berhasil menyelesaikan dua juta perjalanan hanya dalam dua bulan sejak peluncuran fase beta.

“Pemahaman mendalam tim manajemen kami mengenai pasar lokal, digabungkan dengan teknologi, pengalaman serta keahlian Gojek, memperkuat posisi Get dalam memberikan solusi dari permasalahan sehari-hari masyarakat Bangkok melalui teknologi,” ujarnya.

Menurut founder dan CEO Grup Gojek Nadiem Makarim, berdasarkan data Kedutaan Besar Indonesia di Thailand, negara itu memiliki 65 juta penduduk yang mampu membawa 40 juta wisatawan. Hal tersebut  merupakan potensi karena fitur-fitur yang dihadirkan Gojek menjadikannya sebagai aplikasi yang tepat bagi kebutuhan turis.

“Layanan yang kita service di Thailand tidak terlalu beda dengan di Indonesia. Untuk transportasi ada Get Win, untuk makanan ada Get Food, untuk pengiriman barang ada Get Delivery, hal-hal ini paling relevan bagi turis,” kata Nadiem.

Peluncuran Get di Thailand merupakan pencapaian penting bagi Gojek. Nadiem pun berterima kasih atas dukungan yang diberikan para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah baik di Indonesia maupun Thailand.

“Semoga kami dapat terus merealisasikan visi dan membawa teknologi yang kami kembangkan kepada masyarakat lebih luas. Juga menjadikan Indonesia sebagai pusat inovasi teknologi di Asia Tenggara,” tutup Nadiem. (lry)

Print Friendly, PDF & Email