Rahasia Paten Jualan Online #LDR24

Jakarta – ICT Watch memberikan wawasan bagi para netizen bagaimana rahasia paten jualan online dalam acara bertajuk Lenong Digital Rakyat episode 24. Acara Lenong Digital Rakyat ini merupakan acara rutin mingguan yang diselenggarakan oleh ICT Watch dan didukung oleh Kementerian Kominfo, Siberkreasi, dan beberapa stakeholder lainnya.

“Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta beberapa marketplace untuk mendorong UMKM agar mau Go Online dengan cara meningkatkan standart product dan memberikan capacity building untuk orang-orang yang ingin jualan online,” kata Indriyanto Banyumurti perwakilan ICT Watch saat acara #LDR24 di kantor Pandi.id, Rabu (19/12/2018).

Abi Yudhie Owner TheDimsum.id salah satu UMKM Online yang hadir pada acara tersebut turut berbagi success story dirinya dalam berjualan online. Saat ini berjualan online lebih menjanjikan dan lebih sederhana karena di era digital orang-orang mencari apapun di internet, tinggal bagaimana cara kita mempromosikan produk kita, seperti membuat website, social media, dan meningkatkan Search Engine Optimization (SEO). Konsumen tinggal pesan melalui internet dan produk akan sampai di rumahnya.

Tinuk Andriyanti dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sangat mengapresiasi bahwa dua kementerian bersama-sama mendorong UMKM Go Online. PANDI ikut berpartisipasi  melalui program 1 Juta Domain yang diusung Kementerian Kominfo agar mendorong pertumbuhan Domain.id untuk para UMKM yang ingin go online. “Pendaftaran domain .id juga sangat mudah, cukup membeli domain lalu mengisi beberapa data singkat,” sambung Tinuk.

Para narasumber di akhir acara memberikan tips bagi para calon penjual online. “Paling utama adalah niat dan harus bersungguh-sungguh, lalu tentukan produk apa yang ingin dijual, setelah itu analisa pasar mengenai potensi produk tersebut jika dijual secara online,” ucap Abie Yudhie.

Tidak hanya tips untuk calon penjual, untuk calon pembeli pun Tinuk memberikan tips bagaimana bertransaksi online yang aman, yaitu dengan melihat apa domain yang dipakai oleh sang penjual. Bertransaksi akan lebih aman dengan domain .id karena semua yang mendaftar domain .id datanya sudah diverifikasi oleh PANDI. (lry)