Kidzania Congrezz Belajar Cegah Hoax

Jakarta – Ditjen Aptika menerima kunjungan para CongrezzKid dalam rangka Sidang Kidzania Congrezz. Para Congrezzkid sebagian besar bertanya peran yang dilakukan Kominfo dalam menghadapi hoax.

“Kominfo telah melakukan tiga langkah dalam menangani hoax, yaitu pencegahan (dalam bentuk edukasi dan literasi digital kepada masyarakat), kolaborasi dengan komunitas dan LSM, serta penindakan (fungsi penyidikan, pemutusan akses, dll),” kata Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika, Mariam F. Barata di Ruang Ukir Kementerian Kominfo, Rabu (13/12).

Kementerian Kominfo juga mulai menerapkan sertfikat digital guna mendukung ekosistem tanda tangan digital dan keamanan informasi di Indonesia.

Kunjungan Kidzania Congrezz kali ini mengambil tema “Peran Kominfo dalam Mencegah Berita Hoax dan Menyiapkan Generasi Muda yang Cerdas dalam Mengolah Informasi di Era Digital”.

Kidzania Congrezz merupakan dewan legislatif yang dibentuk oleh Kidzania City yang beranggotakan 14 anak-anak terpilih dari anggota Kidzania Indonesia dan berusia 7 hingga 15 tahun. Congrezzkid berdiskusi dengan para tokoh negara untuk menghasilkan rumusan undang-undang atau laporan yang bermanfaat bagi pendidikan anak Indonesia.

Congrezzkid dibagi menjadi enam komisi, yakni Komisi Pendidikan, Sosial, Kesehatan, Keamanan, Ekonomi, dan Komunikasi. Mereka bertugas melakukan sidang setiap tiga bulan sekali dan dapat digelar di luar dengan berkunjung ke instansi pemerintahan. Dengan demikian, mereka dapat belajar langsung tentang leadership maupun tata kelola pemerintahan. (sya/mhk)

Print Friendly, PDF & Email